Breaking News:

Warga Kini Bisa Awasi Kerja Pegawai Pemkot Semarang Lewat CCTV

Sistem monitoring milik Pemerintah Kota Semarang dengan memanfaatkan perangkat CCTV terus dikembangkan.

ISTIMEWA
Walikota Semarang, Hendi di sela - sela kegiatannya menerima perwakilan BPK RI di Balaikota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sistem monitoring milik Pemerintah Kota Semarang dengan memanfaatkan perangkat CCTV terus dikembangkan.

Selain digunakan untuk mendeteksi genangan hingga parkir liar dengan sebuah perangkat lunak analitik, kini transparansi Pemerintah Kota Semarang pub didorong dengan memanfaatkan CCTV tersebut.

Hal itu dilakukan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dengan membuka akses publik untuk CCTV yang berada pada tempat pelayanan publik di Kota Semarang.

Masyarakat pun kini bisa mengawasi kerja pelayanan publik Pemerintah Kota Semarang secara real time melalui portal analyticscctv.semarangkota.go.id.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut mengungkapkan, gagasan untuk membuka akses publik pada CCTV di pelayanan publik itu merupakan masukan masyarakat.

Pasalnya sejak Pemerintah Kota Semarang meluncurkan program Tilik Semar (Monitoring Terintegrasi Beranalitik Kota Semarang), banyak pihak yang juga mendorong agar juga ada CCTV untuk mengawasi kinerja Pemerintah Kota Semarang sendiri. 

"Intinya adalah memperkuat transparansi pemerintah kepada masyarakat.

Saya juga sudah sering menyampaikan Pemerintah Kota Semarang saat ini seperti bekerja dalam sebuah aquarium kaca, di mana seluruh masyarakat bisa memonitor dan memantau secara langsung.

Salah satu implementasinya dengan membuka CCTV untuk dapat dilihat publik seperti ini," ujar Hendi di sela - sela kegiatannya menerima perwakilan BPK RI di Balaikota Semarang belum lama ini. 

Hendi pun menegaskan, dibukanya CCTV di tempat pelayanan publik tersebut merupakan bagian dari komitmennya untuk membangun pemerintah yang berintegritas dan bebas dari pungli.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved