Breaking News:

Pendidikan

ShineWing Indonesia Motivasi Mahasiswa Akuntansi Undip PSDKU Pekalongan Melalui Kuliah Umum

Program studi D3 Akuntansi Universitas Diponegoro (Undip) PSDKU Pekalongan menggelar kuliah umum dengan menghadirkan CEO ShineWing.

Istimewa
Mahasiswa D3 Akuntansi Undip PSDKU Pekalongan mengikuti kuliah umum yang dihadiri praktisi CEO ShineWing Indonesia, Michell Suharli, secara daring, kemarin. (*Ist 

Penulis: Zaenal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Program studi D3 Akuntansi Universitas Diponegoro (Undip) PSDKU Pekalongan menggelar kuliah umum dengan menghadirkan CEO ShineWing Indonesia, Michell Suharli. Kuliah umum digelar secara daring di Gedung SA-MWA Undip.

Dalam paparannya, CEO ShineWing Indonesia, Michell Suharli mengatakan, laporan keuangan ialah informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan baik manajemen maupun investor. Pemeriksaan laporan keuangan dilakukan oleh auditor.

"Auditor profesional pada umumnya disebut akuntan, yang mana telah melalui tahapan pendidikan dan pengalaman tertentu," katanya, dalam keterangan kepada Tribun Jateng, Sabtu (22/5/2021).

Michell Suharli memaparkan ada empat poin yang perlu diperhatikan sebagai akuntan. Pertama sebagai akuntan perlu memiliki integritas (integrity) dalam bekerja.

Kedua sebagai akuntan harus trustworthy, yaitu akuntan diharap profesional, multitasking dan vigilance. Ketiga, akuntan perlu memelihara etika profesinya. Keempat, akuntan diminta untuk dapat reliability, yaitu number, compliance dan analytic.

"Posisi menentukan prestasi. Itulah prinsip yang saya tanam, pada diri sendiri, karyawan atau para audien (mahasiswa). ShineWing Indonesia memposisikan diri menjadi Blue Ocean Strategy. Pun begitu pula generasi muda, harus memiliki tekad untuk menjadi akuntan handal di masa depan," terang Michell Suharli.

Michell Suharli menambahkan, bagi generasi muda yang menekuni ilmu akuntansi agar tidak bingung. Menurutnya, masa depan profesi akuntan sangat cerah karena akuntan dibutuhkan di berbagai tempat usaha.

"Akuntan dibutuhkan di banyak tempat, baik sebagai industri perfilman, contoh Helmy Yahya, selain akuntan juga pernah menjabat direktur stasiun televisi pemerintah," paparnya mencontohkan.

Dosen mata kuliah Auditing II, Imam Prayogo mengatakan, bahwa lulusan prodi akuntansi khususnya D3 sekolah vokasi harus memiliki kompetensi mumpuni guna menghadapi dunia kerja nantinya.

Untuk itu, pihaknya selaku pengajar berkolaborasi dengan para praktisi akuntan memberikan wawasan dan pemahaman mahasiswa melalui kuliah umum maupun kuliah tamu pada masing-masing mata kuliah relevan.

"Akuntan misalnya, perlu mendapat perhatian dari mahasiswa karena sangat jarang yang bercita-cita menjadi seorang akuntan publik (AP) mengingat perjalanan yang panjang untuk mencapai itu," ujarnya.

Dikatakannya, diperlukan stimulus guna memberi dorongan pada mahasiswa salah satunya kuliah langsung dengan menghadirkan praktisi melalu mata kuliah auditing II.

"Dilihat dari dosen akuntansi, beberapa di antaranya kompeten sebagai akuntan publik (AP) dan memiliki KAP. Hal ini memunculkan harapan agar kelak tumbuh akuntan publik dari alumni prodi D3 Akuntansi PSDKU Pekalongan," jelasnya.

Masih kata Imam, jika mahasiswa memiliki semangat, visi-misi kuat dalam hidupnya maka bukan tak mungkin muncul calon akuntan-akuntan publik dari prodi D3 Akuntansi PSDKU Pekalongan. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved