Breaking News:

Berita Nasional

400 Personel Pasukan Setan Diberangkatkan Ke Papua dengan Kapal Perang KRI Banjarmasin 592

Sejumlah 400 personel Yonif 315/Garuda mulai diberangkatkan ke daerah rawan KKB Papua menggunakan kapal perang TNI AL  KRI Banjarmasin 592.

Editor: m nur huda
Kolinlamil
Personel dari Yonif 315/Garuda Kodam II Siliwangi yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) dikirim ke Papua menggunakan KRI Banjarmasin-592. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Sejumlah 400 personel Yonif 315/Garuda mulai diberangkatkan ke daerah rawan KKB Papua menggunakan kapal perang TNI AL jenis Landing Platform Docking (LPD), KRI Banjarmasin 592.

Ratusan prajurit batalyon berjuluk "Pasukan Setan" itu tergabung dalam satuan tugas (Satgas) pengamanan Daerah Rawan di Papua.

Melansir dari unggahan instagram @tni_angkatan_laut, upacara Pelepasan Yonif 315/Garuda dipimpin Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan dihadiri Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Frendy H Saragih berlangsung di Lapangan Mulyono Silam, Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara pada Senin (24/5/2021).

Baca juga: Satgas Ringkus Penyuplai Senjata Api KKB Papua, Ternyata Juga Penembak Letda Blegur

Baca juga: 1 Anggota KKB Papua Pimpinan Lekagak Telenggen Tewas Ditembak TNI-Polri, 1 Orang Kabur Kalang Kabut

Baca juga: Berapa Sebenarnya Anggota KKB Papua hingga Sulit Diberantas? Ini Hasil Pemetaan Satgas TNI dan Polri

Baca juga: 4 Anggota TNI Tertembak dalam Serangan Malam Hari di Jalur Lintas KKB Papua: Berawal Mobil Mogok

Unsur KRI yang melaksanakan tugas operasi laut (Kolinlamil operasi pergeseran pasukan) tersebut mengutamakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan atau pergerakan sebagaimana yang telah diinstruksikan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono melalui Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah.

“Mulai dari embarkasi personel, material, saat lintas laut hingga kapal sandar dan melakukan debarkasi harus mengacu kepada prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," kata Panglima Kolinlamil.

Ia menyatakan hingga saat ini kapal perang Kolinlamil baik yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta, 2 Surabaya dan 3 Makassar siap dalam mendukung pelaksanaan operasi dukungan angkutan laut militer ke seluruh wilayah NKRI baik di wilayah barat, tengah maupun timur sesuai perintah operasi.

KRI Banjarmasin 592 yang merupakan Kapal perang jenis Landing Platform Docking (LPD) dengan Komandan Letkol Laut (P) Nur Rohmad Ibrahim tersebut akan menurunkan pasukan yang bertugas dalam pengamanan daerah-daerah Rawan di Papua di Dermaga Merauke.

Kapal Perang TNI AL KRI Banjarmasin 592
Kapal Perang TNI AL KRI Banjarmasin 592 (Marwan/wikipedia)

Letkol Laut (P) Nur Rohmad Ibrahim mengatakan kapal dan seluruh anak buah kapal yang dipimpinnya itu dalam kondisi siap.

Sehingga pada penugasan mendukung Serpas Satgas Pamrahwan Papua Batalion TNI AD ini diharapkan dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Melansir dari Wikipedia, KRI Banjarmasin 592 adalah kapal ke-3 jenis LPD yang dua kapal jenis ini sebelumnya dibuat di Daesun Shipbuildings & Engineering Co. Ltd, Korea Selatan, dan sekarang dibuat di PT. PAL Indonesia, Surabaya.

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved