Breaking News:

Dr Aqua dan PT Paragon Technology Bekali Dosen Cara Bangun Komunikasi Efektif ke Mahasiswa Milenial

Pakar komunikasi, Motivator, dan Penulis Buku, Dr. Aqua Dwipayana mengisi kegiatan Lecturer Coaching Movement Series

Penulis: iwan Arifianto | Editor: rival al manaf
Istimewa
Pakar komunikasi, Motivator, dan Penulis Buku, Dr. Aqua Dwipayana mengisi kegiatan Lecturer Coaching Movement Series #2  yang diadakan PT Paragon Technology and Innovation diikuti ratusan Dosen dan beberapa mahasiswa via zoom, Sabtu (29/5/2021). 

Penulis : Iwan Arifianto 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Pakar komunikasi, Motivator, dan Penulis Buku, Dr. Aqua Dwipayana mengisi kegiatan Lecturer Coaching Movement Series #2 bertemakan komunikasi efektif antara Mahasiswa dan Dosen yang diadakan PT Paragon Technology and Innovation via zoom, Sabtu (29/5/2021). 

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan dosen dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia di antaranya wilayah Sumatra, Kalimantan, hingga Papua. 

Pemateri Dr. Aqua Dwipayana mengatakan, pernah menjadi mahasiswa dan dosen sehingga memahami dua peran tersebut. Dari dua posisi tersebut sama-sama perlunya sikap rendah hati dan mau menghargai. 

Menurutnya, komunikasi berguna di segala aspek, dosen tak hanya perlu ahli dibidangnya saja namun sepatutunya menguasai bidang komunikas. 

Pasalnya kemampuan komunikasi itu adalah keahlian basic yang diperlukan tak hanya di teorinya namun juga dalam praktiknya. 

Dia menambahkann, 80 persen permasalahan di perusahaan adalah komunikasi, hal yang sama juga ditemukan dalam Perguruan Tinggi. Permasalahan komunikasi bisa ditemukan  baik antara dosen dengan dosen maupun dosen dengan mahasiswa. 

“Dosen memerlukan sikap terbuka yang menjadi kunci berlangsungnya komunikasi yang baik dan berlanjut pada pembelajaran yang menarik dan menyenangkan,” paparnya. 

Pria asal Padang, Sumatra Barat itu menyampaikan, Dosen perlu memiliki empat kompetensi dalam proses belajar mengarjar.Keempat kompetensi itu meliputi kompetensi pedagogik yakni kemampuan pemahaman terhadap mahasiswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliknya. 

Berikutnya, kompetensi Kepribadian berupa kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif peserta didik dan berakhlak mulia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved