Breaking News:

Berita Video

Video DP3AP2KB Jawa Tengah Resmikan Care Center Jo Kawin Bocah

Care Center ini merupakan tindak lanjut dari gerakan Jo Kawin Bocah yang telah diluncurkan Gubernur Jawa Tengah pada pada 20 November 2020

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Berikut ini video DP3AP2KB Jawa Tengah resmikan Care Center Jo Kawin Bocah.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah meresmikan Care Center Jo Kawin Bocah di kantor DP3AP2KB, Jumat (28/5/2021).

Care Center ini merupakan tindak lanjut dari gerakan Jo Kawin Bocah yang telah diluncurkan Gubernur Jawa Tengah pada pada 20 November 2020 bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Universal.

Kepala DP3AP2KB, Retno Sudewi memaparkan, ada perubahan regulasi batas minimum usia menikah. Baik laki-laki maupun perempuan diperbolehkan menikah minimal 19 tahun.

Namun kenyataannya, kondisi perkawinan anak di Jawa Tengah pada tahun 2020 justru mengalami lonjakan yang sangat signifikan.

Terdapat 12.972 anak yang melakukan perkawinan dengan rincian laki-laki sejumlah 1.671 dan perempuan sejumlah 11.301.

Jumlah itu meningkat tajam dibanding 2019 yang hanya sejumlah 2.049 anak.

"Karena sejak batas minimal usia menikah dinaikkan menjadi 19 tahun, permohonan dispensasi kawin di Pengadilan Agama meningkat drastis. Pada tahun 2021, dari Januari s.d April sebanyak 4.472 anak telah mengajukan dispensasi kawin. Laki-laki sejumlah 582 dan perempuan sejumlah 3.890," papar Retno.

Retno melanjutkan, adanya Care Center Jo Kawin Bocah diharapkan mampu mendorong berbagai upaya dalam mengurangi angka perkawinan anak di Jawa Tengah dengan dukungan keterlibatan unsur Pentahelix, yaitu pemerintah, komunitas, media massa, akademisi, dan dunia usaha.

Care center berfungsi untuk pengaduan, tindak lanjut pengaduan dan konsultasi, serta rujukan dengan melibatkan unsur-unsur dalam Pentahelix. Seluruh fungsi tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak, kesetaraan gender serta ketahanan keluarga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved