Breaking News:

Berita Sragen

Sragen Robot Menjawab Meraih Special Mention Award Kompetisi Chatbot Tingkat Nasional

Chatbot Seroja (Sragen Robot Menjawab) berhasil meraih Special Mention Award dalam ajang Kemkominfo Chatbot Finale 2021

TribunJateng.com/Mahfira Putri
Pamflet Sragen Robot Menjawab (Seroja) pusat interaksi informasi layanan publik Sragen Smart City berbasis Chatbot 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Chatbot Seroja (Sragen Robot Menjawab) berhasil meraih Special Mention Award dalam ajang Kemkominfo Chatbot Finale 2021.

Kompetensi yang diselenggarakan secara virtual oleh Kemkominfo RI, Sabtu (29/05/2021) lalu itu didukung oleh para praktisi Artificial Intelligence (Kecerdasan Artifisial) yang menjadi juri ahli.

Diantaranya Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemkominfo Dr. Hary Budiarto, Head Of Data Analytic – Group Digital Strategy, Astra International I Wayan Wisnu Antawijaya dan CEO of Terra AI Arnold Doray.

Berdasarkan penilaian Dewan Juri, Seroja layak menerima Special Mention Award karena memiliki tema yang berbeda dan spesifik dibandingkan dengan para chatbot kompetitornya.

Tim Leader Seroja yang bertugas sebagai Kasi Pemberdayaan Teknologi Informasi Diskominfo Sragen, Imas Wulandari menyampaikan Seroja dianggap sudah mampu memberikan dampak nyata dan sangat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi yang lengkap dan dibutuhkan.

"Kami mengikuti proses seleksi yang cukup ketat dari awal penerimaan Chatbot Bootcamp ini, karena ternyata metode pembelajaran dilaksanakan hampir 80% secara mandiri melalui Online Lab Instructions sedangkan sisanya melalui mentoring secara virtual baik online meeting dan diskusi melalui grup media sosial," ujar Imas.

Imas menambahkan melalui Chatbot Bootcamp ini, Seroja menjadi lebih berkembang, yang semula berbasis media sosial saja, sekarang berkembang menjadi berbasis website dengan tampilan yang lebih interaktif dan menarik.

"Jadi sekarang masyarakat bisa bebas memilih cara yang paling mudah untuk terhubung dengan Seroja," lanjutnya,

Atas prestasi itu, Kepala Bidang Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Statistik Diskominfo Sragen, Hartono mengapresiasi sekaligus menyambut baik atas kerja keras dari tim Seroja yang telah berhasil meraih Special Mention Award.

"Alhamdulillah, kami menyampaikan terima kasih kepada Kemkominfo atas dukungannya melalui Program Digital Talent Scholarship ini. Sehingga Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah dapat lebih mengembangkan kemampuan digitalnya hingga dapat di implementasikan secara nyata di instansi masing-masing guna memberikan pelayanan prima bagi masyarakat," jelas Hartono. 

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved