Breaking News:

Berita Jateng

Bandara Jenderal Soedirman Mulai Beroperasi, Ganjar: Bantu Kembangkan Kawasan Jateng Selatan

Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) mulai beroperasi pada Selasa (1/6/2021) kemarin. Meski belum diresmikan, sudah ada penerbangan yang terjadwal

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: muslimah
TRIBUNBANYUMAS/Permata Putra Sejati
Maskapai penerbangan Citilink saat melakukan Proving Flight pesawat ATR 72-600 di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, pada Kamis (1/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) mulai beroperasi pada Selasa (1/6/2021) kemarin. Meski belum diresmikan, sudah ada penerbangan yang terjadwal.

Bandara yang dulu bernama Wirasaba ini disebut sangat diidam-idamkan masyarakat yang ada di Jateng bagian selatan sisi barat.

Bandara dekat dengan wilayah Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo berharap, keberadaan Bandara JBS ini akan memberikan manfaat. Sebab, keberadaan bandara ini berawal dari mimpi yang panjang.

"Ini sebenarnya mimpi yang cukup panjang bahkan sejak saya masih DPR RI dulu. Pak Triyono, pak bupati (dulu) sudah memulai terus kemudian belum berhasil," kata Ganjar usai meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kendal, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/6/2021).

Setelah lama diwacanakan, usulan Bandara JBS kembali mengemuka dan dikawal prosesnya setelah diusulkan juga oleh para kepala daerah di sekitar wilayah Purbalingga.

"Sehingga ini berjalan dan kami kawal terus menerus. Kami dilapori terus menerus oleh mereka (kepala daerah), perkembangannya, tahap demi tahap dan sudah bisa dilaksanakan meskipun masih sederhana," ujarnya.

Tentunya dengan keberadaan Bandara JBS ini, ia berharap akan membantu pengembangan kawasan Jateng di wilayah selatan barat.

"Nah mudah-mudahan nanti akan bisa membantu mengembangkan kawasan Jateng wilayah selatan barat dan ini bagian dari kerjasama antar-kabupaten kota yang ada di sana," tandasnya.

Sebagai informasi, Bandara JBS terletak 11 kilometer di selatan pusat Purbalingga ini diharap memberi kontribusi positif bagi daerah Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Wonosobo, hingga Pemalang, Tegal, dan Brebes.(mam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved