Breaking News:

Berita Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, Fakultas Psikologi USM Gelar Talent Management Frame Work

Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) menggelar workshop yang bertema Talent Management Frame Work secara daring dan luring di ruang T.14.

Istimewa
Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair), Prof. Fendy Suhariadi, mengisi materi workshop Talent Management Frame Work yang diselenggarakan Fakultas Psikologi USM secara daring dan luring di ruang T.14 Fakultas Psikologi USM, kemarin. (Ist) 

Penulis: Zaenal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) menggelar workshop yang bertema Talent Management Frame Work secara daring dan luring di ruang T.14 Fakultas Psikologi USM.

Workshop yang menghadirkan narasumber dari Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair), Prof. Fendy Suhariadi itu diikuti 50 peserta dari mahasiswa S1 dan S2 Fakultas Psikologi, Praktisi HR, peneliti dan peserta lainnya dari luar USM .

Dekan Fakultas Psikologi USM, L Rini Sugiarti, menyampaikan workshop talent management tersebut sangat penting untuk diadakan. Alasannya, ketika perusahaan semakin tumbuh, terkadang perusahaan tidak memperhatikan bakat seseorang dalam sebuah perusahaan tersebut.

Baca juga: Sinopsis The Conjuring : The Devil Made Do It Tayang Mulai Hari Ini di Bioskop

Baca juga: Massa Serang Kantor Polisi Karena Kabar Penabrak ASN Hingga Tewas Disembunyikan Aparat

Baca juga: Meski Belum Pulih dari Cedera, Kapten MU Dipanggil untuk Euro 2020, Ini Alasan Gareth Southgate

"Untuk itulah, sistem management ini hadir untuk mendapatkan penilaian yang tepat terhadap masing-masing karyawan di perusahaan," kata Rini, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (2/6/2021).

Workshop ini digelar sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan Psikologi Industri dan Organisasi.

Rini mengungkapkan, tujuan dari workshop tersebut yaitu meningkatkan kualitas mahasiswa S1 dan S2 Psikologi USM,.

"Juga memberikan informasi mengenai salah satu topik dalam bidang ilmu Psikologi Industri dan Organisasi bagi para ilmuwan Psikologi dan Psikolog baik dari latar belakang administrasi, praktisi maupun akademisi, dan menghasilkan publikasi karya ilmiah," ungkapnya.

Sementara dalam paparannya, narasumber Prof Fendy Suhariadi mengatakan, manajemen bakat adalah proses dan peluang manajemen tambahan yang tersedia bagi orang-orang dalam organisasi yang dianggap sebagai bakat.

Biasanya, katanya, faktor pendorong kinerja karyawan yang berpotensi besar adalah bakat itu dengan fokus kepemimpinan namun tidak secara eksklusif.

Baca juga: Not Angka Pianika dan Lirik Lagu Bawalah Cintaku Afgan

Baca juga: Suami Bacok Istri di Hadapan Warga, Setiap Lelaki yang Menolong Ikut Diserang Disebut Perebut Istri

Baca juga: Misteri Penemuan Mayat Wanita Tanpa Kepala di Kolong Rumah, Warga: Saya Lihat Tanpa Busana

Faktor lainnya, yaitu keterampilan kritis, profesional yang stabil, kemampuan organisasi. Namun itu semua membutuhkan alur masa depan dari keterampilan yang sesuai untuk mengisi posisi kunci.

"Sedangkan critical tallent merupakan sekelompok kecil individu yang mendorong bagian yang tidak proporsional dari kinerja bisnis perusahaan mereka dan menghasilkan nilai yang lebih dari rata-rata untuk pelanggan dan pemegang saham mereka," paparnya.

Dikatakannya, Talent Development Frame Work dibagi menjadi 4 bagian yaitu Standart Kompetensi, Pemetaan Kompetensi, Perencanaan Karir dan program Pengembangan. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved