Breaking News:

Berita Semarang

Aplikasi SIAP SEMARANG, Mudahkan Masyarakat Lapor Pelanggaran di Bidang Perikanan

Menurut Widoyono, aplikasi ini juga merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Semarang untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Asisten Adm Pembangunan, Ekonomi dan Kesra, Widoyono didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Semarang, Nurkholis malaunching aplikasi SIAP SEMARANG 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Masih ditemukannya berbagai pelanggaran di bidang perikanan membuat Pemerintah Kota Semarang terus melakukan berbagai upaya terobosan.

Salah satunya, melalui Dinas Perikanan dan Kelautan, Rabu (2/6) Pemerintah Kota Semarang meluncurkan inovasi "SIAP SEMARANG", yang merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Online Pengawasan Sumber Daya Perikanan.

Mewakili wali kota Semarang, Asisten Administrasi Pembangunan, Ekonomi dan Kesra, Widoyono dalam sambutannya menuturkan jika aplikasi SIAP SEMARANG merupakan sebuah inovasi yang memanfaatkan teknologi informasi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan pelanggaran-pelanggaran di bidang perikanan.

"Masyarakat bisa mengunduh aplikasi SIAP SEMARANG di google play store. Untuk kemudian melalui fitur-fitur yang tersedia, mereka bisa melaporkan setiap pelanggaran di bidang perikanan secara real time, tepat dan cepat," terang Widoyono.

Menurut Widoyono, aplikasi ini juga merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Semarang untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut.

"Launching aplikasi SIAP SEMARANG seperti hari ini, semoga betul-betul bisa dimanfaatkan dan membantu para nelayan. Maka, kepada kawan-kawan di Dinas Perikanan dan Kelautan lakukan terus pendampingan dan fungsikan betul aplikasi ini sehingga tidak muspro dan tepat sasaran serta kemanfaatannya," tandas Widoyono.

Sementara itu Kasi Pengendalian Usaha Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, Domas Kurnia menambahkan jika peluncuran aplikasi ini merupakan jawaban atas keluhan yang selama ini disampaikan masyarakat ketika menjumpai adanya pelanggaran di bidang perikanan.

"Harapannya dengan adanya aplikasi SIAP SEMARANG, masyarakat kini tidak perlu bingung ke mana harus melaporkan ketika menjumpai adanya pelanggaran di bidang perikanan, misalnya penangkapan ikan menggunakan bahan peledak, racun atau pelanggaran yang lain," tutur Domas.

Menurut Domas, nantinya laporan yang disampaikan masyarakat melalui aplikasi SIAP SEMARANG akan diteruskan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Semarang ke Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah.

"Oleh pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, laporan dari masyarakat tersebut akan diselidiki dan ditindaklanjuti," jelasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved