Breaking News:

Berita Regional

Waspada BMKG: Gempa M 8,9 & Tsunami 29 Meter Potensi Terjadi di Laut Selatan, Ini Persiapan Yanuar

 Ia membenarkan potensi gempa dan tsunami di pantai selatan Jatim yang disebut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Editor: galih permadi
SCIENCE ALERT
Ilustrasi potensi tsunami di selatan Jawa menurut hasil riset ITB 

TRIBUNJATENG.COM, SURABAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengeklaim telah membekali penduduk di delapan daerah sekitar laut selatan tentang ancaman bahaya tsunami.

Daerah di sekitar laut selatan Jatim itu mulai dari Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, hingga Banyuwangi.

"Kita bersama pihak terkait seperti TNI dan Polri sudah menyisir daerah-daerah tersebut untuk melakukan mitigasi tentang ancaman bencana tsunami," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi saat dikonfirmasi, Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Info Gempa Malam Ini: Ternate Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan M 6,1

Baca juga: Waspada BMKG: Gempa Besar M 8,9 dan Tsunami 29 Meter Berpotensi Terjadi di Wilayah Pulau Jawa

Baca juga: Benarkah Akan Terjadi Gempa Besar M 8,5 dan Tsunami Jumat 4 Juni 2021? Ini Jawaban Bambang BMKG

Baca juga: Sesaat Lagi, Sepak Mula Timnas Indonesia Vs Thailand, Ada Asnawi Mangkualam dan Egy, Live di Sini!

Menurut Yanuar, masyarakat di delapan daerah tersebut sudah dikenalkan dengan ancaman, cara menghindar, mengantisipasi, hingga bagaimana masyarakat pulih kembali dan hidup harmoni dengan bencana.

"Mereka tidak hanya dikenalkan materi, tapi juga praktik bagaimana menghadapi bencana," terangnya.

 Ia membenarkan potensi gempa dan tsunami di pantai selatan Jatim yang disebut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam webinar Kajian Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami di Jawa Timur pada Jumat (28/5/2021).

"Kemungkinan buruk gelombang tsunami sampai 29 meter adalah hasil kajian dan survei tim ahli. Tapi soal kepastiannya kita semua tidak tahu," terangnya.

Menurutnya, yang perlu disiapkan masyarakat dan pemerintah adalah menentukan titik evakuasi yang memiliki ketinggian di atas 29 meter dari gelombang atau 22 meter dari genangan yang diprediksi.

Sebelumnya, BMKG mengingatkan potensi terburuk bencana tsunami akibat gempa bumi yang kemungkinan terjadi di wilayah pantai selatan Jatim.

Peringatan itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam webinar Kajian Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami di Jawa Timur pada Jumat (28/5/2021).  

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved