Breaking News:

Berita Kreatif

KREATIF! Nuraini Membuat Pot Bunga Pakai Popok Bekas

Hampir di tiap tempat sampah depan rumah terdapat popok bekas, terutama keluarga yang memiliki bayi.

Ecoton Surabaya via BBC Indonesia
Sejumlah relawan Brigade Evakuasi Popok 

TRIBUNJATENG.COM -- Hampir di tiap tempat sampah depan rumah terdapat popok bekas, terutama keluarga yang memiliki bayi.

Sampah itu berujung di tempat pembuangan sampah akhir. Dan popok bekas belum dimanfaatkan dengan baik untuk daur ulang. Siapa punya ide kreatif?

Popok sekali pakai sudah menjadi salah satu kebutuhan para ibu yang memiliki bayi karena praktis. Namun, sampah popok sekali pakai ini bisa menjadi ancaman baru bagi lingkungan.

Rata-rata seorang bayi memakai 3-4 popok sekali pakai dalam sehari. Padahal, setiap tahun sekitar 4,5 juta bayi lahir di Indonesia.

Upaya untuk mengurangi limbah popok mulai dilakukan berbagai pihak, salah satunya dari PT.Softex Indonesia (Kimberly-Clark Softex) selaku produsen produk popok. Berarti ada berapa popok bekas dalam setahun?

"Tantangan kami adalah menyediakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus mengurangi jejak lingkungan sebagai cara untuk membantu masyarakat memiliki kehidupan yang lebih baik,” kata Hendra Setiawan, Presiden Direktur Kimberly-Clark Softex.

Ia mengatakan, Kimberly-Clark Softex telah tandatangani kerjasama dengan platform ekonomi sirkular, Duitin, untuk mendorong pengumpulan popok bekas yang akan didaur ulang.

Program ini akan berfokus di wilayah Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan.

Diharapkan program ini dapat mendaur ulang 9.5 ton popok bekas setiap bulannya atau sekitar 65 ton pada akhir tahun 2021. D

uitin bertanggung jawab untuk menjalankan, mengumpulkan, dan mengirimkan popok bekas ke fasilitas pengolahan mitra Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) mulai akhir Juni 2021.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved