Breaking News:

Kids & Mom

Apa Itu Bau Matahari dan Penyebabnya? Inilah Penjelasan

ISTILAH bau matahari ini memang kerap identik melekat pada anak-anak. Bau matahari sering diistilahkan saat anak-anak pulang sekolah,

tribunjateng/hermawan handaka
ILUSTRASI banyak keluar keringat 

Dr Dwi Ambarwati SpA

Dokter Spesialis Anak di RSIA Hermina Mutiara Bunda Salatiga

ISTILAH bau matahari ini memang kerap identik melekat pada anak-anak. Bau matahari sering diistilahkan saat anak-anak pulang sekolah, ketika mereka terpapar sinar matahari yang terik. Bau matahari sebenarnya adalah bau badan yang timbul ketika berkeringat.

Penyebab bau matahari berasal dari gabungan panas, keringat, dan bakteri pada kulit. Panas matahari membuat suhu di sekitar tubuh anak meningkat. Tubuh pun berusaha menormalkan kembali suhunya dengan memproduksi lebih banyak keringat.

Bau matahari ini memang sering dialami oleh anak laki-laki. Sebab, anak laki-laki biasanya memiliki aktivitas yang lebih saat bermain dibanding perempuan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa perempuan dapat menimbulkan bau matahari dari tubuhnya.

Bau matahari ini sebenarnya normal dialami banyak anak mana pun. Timbulnya bau matahari ini tidak ada kaitannya dengan salah satu penyakit dan kondisi fisik tertentu.

Penyebab bau matahari sendiri biasanya berasal dari gabungan panas, keringat, dan bakteri pada kulit. Panas matahari membuat suhu di sekitar tubuh Anda meningkat. Tubuh pun berusaha menormalkan kembali suhunya dengan memproduksi lebih banyak keringat.

Keringat sebenarnya tidak memiliki bau. Bau badan baru muncul begitu keringat bercampur dengan bakteri yang terdapat pada permukaan kulit. Semakin banyak bakteri pada kulit, semakin kuat pula bau badan yang menguat.

Nah, untuk mengatasi bau matahari atau bau apa pun yang muncul, Anda bisa mandi dengan sabun antibakteri dan ganti baju karena bahan pakaian juga bisa memengaruhi bau badan dan produksi keringat. Saat beraktivitas di bawah terik matahari, hindari pakaian berbahan rayon, nilon, sutra, dan poliester. Pilihlah katun yang dapat menyerap keringat. Lalu mencuci pakaian secara rutin.

Muncul Bau Tiap Upacara Bendera

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved