Breaking News:

Berita Semarang

Menparekraf: Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 menjadi salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia.

Istimewa
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mencoba tradisi jaranan saat berkunjung di Desa Candirejo Magelang Jateng, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 menjadi salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia, yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”, program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Rangkaian Sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sudah dimulai sejak 22 Mei 2021 sampai dengan 25 Juni 2021.

Sosialiasi program tersebut, sebelumnya sudah dilakukan di Desa Wisata Pujon Kulon Malang, Desa Mas Ubud Bali, Desa Wisata Cisarua Bogor dan Desa Wisata Cibuntu Kuningan, hingga terbaru di Desa Candirejo Magelang Jateng.

"Dengan adanya kegiatan Sosialisasi Desa Wisata ini, kami ingin memberikan arahan kepada desa-desa wisata di Indonesia dari segi digitalisasi maupun dari segi protokol kesehatan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno, dalam keterangannya, Minggu (6/6/2021).

Dalam kehadiran acara desa wisata itu, pihaknya banyak mencatat beberapa kategori yang dapat ditingkatkan agar persiapan kebangkitan ekonomi nasional, dapat dihadirkan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Lebih jauh diharapkan, dengan adanya Desa Wisata, Kemenparekraf juga ingin mendapatkan kebijakan yang berkeadilan, karena selama ini belum ada keterlibatan sampai masyarakat bawah, kebijakan yang bisa memberikan bantuan kepada masyarakat bawah.

"Kerjasama dengan para content creator atau youtuber, merupakan satu generasi yang harus kita libatkan agar dapat maju ke depannya," lanjutnya.

Dengan kerjasama ini para content creator bisa mengajak masyarakat luas mulai mengapresiasi Desa Wisata sebagai simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional.

Dalam kegiatan Sosialisi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Desa Candirejo Magelang Jateng tersebut, menggabungkan kekuatan sosial media dan media mainstream, diisi dengan kegiatan kunjungan menjelajah desa wisata yang sudah berkembang maupun berkelanjutan di daerah regional, yang dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved