Breaking News:

Berita Artis

Apa Itu Turun Mesin? Populer Setelah Aa Gym Mengucapkannya

Turun mesin merupakan istilah untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Turun mesin atau sering juga disebut overhaul

Penulis: Wahyu Ardianti Woro Seto | Editor: abduh imanulhaq
Wikipedia
Ilustrasi mesin mobil 

TRIBUNJATENG.COM- Turun mesin merupakan istilah untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Turun mesin atau sering juga disebut overhaul, lekat kaitannya dengan perawatan kendaraan.

"Turun mesin atau overhaul adalah istilah untuk proses pelepasan mesin dari sasis kendaraan untuk selanjutnya diperiksa dan ditangani masalahnya.

Istilah turun mesin seringkali menjadi momok menyeramkan bagi pemilik mobil, padahal proses tersebut justru untuk memperbaiki masalah atau kerusakan yang sedang dialami oleh kendaraan.

Alasan pelepasan mesin dari sasisnya adalah agar para teknisi dapat memeriksa dengan lebih seksama tiap komponen secara lebih leluasa.

Turun mesin atau overhaul sendiri terbagi dua jenis.

"Mesin sendiri ada dua bagian, yaitu block dan cylinder head. Kalau memang masalahnya ada di cylinder head maka hanya bagian atas saja di-overhaul. Biasanya disebut top overhaul atau turun mesin setengah," sebut pria pehobi sepeda gunung dan motor trail ini.

Komponen yang diganti saat turun mesin sendiri cukup beragam, bisa piston, setang piston, metal mesin, bergantung pada kerusakan atau kondisi komponen tersebut.

Overhaul sendiri tidak memiliki standar interval kilometer yang pasti.

"Umumnya dilakukan ketika sudah ada gejala kerusakan pada mesin. Entah itu knalpot berasap, oli mesin mudah habis, atau ada suara kasar dari mesin," ungkap Totok.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved