Breaking News:

Fokus

Fokus : Teladan Sunan Kudus

Kudus menjadi perhatian nasional, bisa jadi juga internasional. Gelombang kedua penyebaran virus corona atau Covid-19 melanda kabupaten yang dikenal

tribunjateng/bram
Sujarwo atau Pak Jarwo wartawan Tribun Jateng 

Oleh Sujarwo

Wartawan Tribun Jateng

Kudus menjadi perhatian nasional, bisa jadi juga internasional. Gelombang kedua penyebaran virus corona atau Covid-19 melanda kabupaten yang dikenal sebagai penghasil rokok (kretek) terbesar di Jateng ini.

Kasus Covid-19 meroket usai libur Idulfitri 2021, peningkatannya mencapai 30 kali lipat.

Kabupaten yang ibukotanya juga dikenal kota santri akhirnya ditetapkan sebagai zona merah. Bahkan, tiga kecamatan di Kudus yakni Jati, Kota dan Mejobo menjadi ‘zona hitam'.

Kudus dalam kondisi darurat. Bupati Kudus HM Hartopo mengeluarkan surat edaran yang meminta warganya tetap berada di rumah pada akhir pekan.

Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jateng menambah armada, total 32 bus, untuk mengangkut masyarakat yang akan melakukan isolasi ke Donohudan Boyolali.

Sejumlah pasukan Brimob terjun melakukan penyemprotan disinfektan ke desa-desa yang masuk zona merah. Pemprov pun telah menurunkan tim khusus yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil ), Satpol PP, Badan Penanganan Bencana Daerah, TNI, dan Polri. Tim khusus ini ngantor di Kudus untuk menangani 8 kecamatan yang masuk zona merah.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BNPB Ganip Warsito juga turun tangan.

Mereka memberi arahan dan penekanan agar lebih efektif dalam upaya menurunkan angka kasus positif Covid-19 di Kudus. Dari data yang diterima Kapolri. kasus terkonfirmasi Covid-19 berjumlah 7.975 orang, sedangkan sembuh 5.918 orang, dan meninggal 659 orang. Masalah Covid-19 merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata Jenderal Sigit.

Halaman
123
Penulis: sujarwo
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved