Breaking News:

Berita Jateng

Penjelasan Ganjar Terkait Kerumunan saat Acara Vaksinasi Massal di Gradhika: Ada Informasi Keliru

Menurutnya, jika terjadi kerumunan, masyarakat yang akan mengakses tidak  terlindungi dan berpotensi bisa menjadi klaster Covid-19 yang baru

Istimewa
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat memantau jalannya proses vaksinasi massal di Gedung Gradhika Bhakti Praja kompleks Kantor Pemprov Jateng. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Provinsi Jawa Tengah menyesalkan adanya kerumunan saat pelayanan vaksinasi massal di Gedung Gradhika Bhakti Praja kompleks Kantor Provinsi Jateng, Rabu (9/6/2021).

Ketua Bidang Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat LP2K Jateng, Abdul Mufid, menyesalkan pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Gradhika (SVG) tersebut terkesan amburadul sehingga terjadi antrean panjang, kemudian kerumunan dan desak desakan tak terelakan.

"Hal ini tentu sangat riskan terjadinya penularan Covid-19. Niat pemerintah yang baik untuk melakukan vaksinasi bisa menjadi bumerang jika sistem pelayanannya tidak baik," kata Mufid dalam pernyataan tertulis.

Menurutnya, jika terjadi kerumunan, masyarakat yang akan mengakses tidak  terlindungi dan berpotensi bisa menjadi klaster Covid-19 yang baru.

Padahal, lanjutnya, beberapa kecamatan di Kota Semarang sudah masuk dalam kategori zona merah.

"Saya sarankan untuk dihentikan dulu, diperbaiki pola pelayanannya sehingga tidak terjadi antrean seperti itu," tegasnya.

Pola pelayanan yang harus dibenahi, kata dia, dari segi pendaftaran peserta vaksin covid. Pendaftaran bisa dilakukan secara online.

Kemudian pendaftar bisa diarahkan waktu atau jam tertentu supaya tidak datang dalam satu waktu yang bisa menyebabkan kerumunan.

"Kedepan bisa dilakukan pendaftaran online dulu dengan dibatasi kuotanya perhari sesuai kapasitas yang paling aman," imbuhnya.

Seperti diketahui Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo membuka layanan vaksinasi massal yang diprioritaskan untuk warga lanjut usia (lansia) 50 tahun ke atas.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved