Breaking News:

Berita Kendal

Chacha Frederica Gandeng Praktisi Kesehatan Spesialis Anak Perangi Stunting di Kendal

"Kondisi tubuh ibu hamil yang nantinya berpengaruh pada kondisi anak yang akan dilahirkannya," tuturnya

TribunJateng.com/Saiful Ma'sum
Zoom meeting pencegahan stunting di Kendal bersama Ketua TP PKK, Chacha Frederica, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Istri Bupati Kendal, Chacha Frederica kembali menunjukkan keseriusannya dalam menangani masalah stunting di Kabupaten Kendal.

Kali ini, artis cantik bersuamikan orang nomor 1 di Kendal Dico M Ganinduto itu menggandeng praktisi kesehatan spesialis anak, dr Mesty Ariotejdjo untuk membantu memerangi angka stunting di Kabupaten Kendal.

Chacha yang kini menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kendal mengajak dr Mesty Ariotejdjo dan tenaga kesehatan Puskesmas di Kendal agar serius menangani permasalahan anak.

Dengan harapan anak-anak Kendal sebagai generasi penerus bangsa nantinya bisa tumbuh kembang dengan baik tanpa mengalami stunting atau permasalahan lainnya.

Melalui zoom meeting yang dipandu Chacha Frederica, dr Mesty menjelaskan, masalah pertumbuhan anak tidak hanya dilihat dari berat badan saja, namun juga perlu melihat sejauh mana perkembangan tinggi badan anak.

Katanya, tinggi badan anak menjadi salah satu faktor kunci mengidentifikasi masalah gizi pada anak hingga menyebabkan stunting. 

"Selama ini, perkembangan anak hanya dilihat melalui grafik pertumbuhan yang ada di tingkat posyandu. Perlu pengawasan lebih dengan melihat perkembangan anak melalui sisi lain," terangnya, Kamis (10/6/2021).

Terkait bagaimana cara menangani anak yang mengalami stunting, dr Mesty menegaskan, kondisi anak saat lahir juga ditentukan kondisi ibu saat mengandung. Jika anak lahir dalam kondisi stunting atau mengalami permasalahan pada perkembangan tubuh, akan lebih sulit menyembuhkannya.

Sehingga, perlu edukasi bersama kepada para ibu hamil dan perempuan pada umumnya agar memperhatikan asupan gizi dan vitamin saat mengandung anak. Ibu hamil harus menjaga kondisinya supaya optimal, tidak kekurangan gizi, tidak mengalami anemia dengan memakan asupan makanan yang bergizi. 

"Kondisi tubuh ibu hamil yang nantinya berpengaruh pada kondisi anak yang akan dilahirkannya," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved