Breaking News:

Berita Kendal

Kisah 78 Orang di Satu RT Positif Covid-19 karena Klaster Takziah, Karangsari Kendal pun Lockdown

Pemerintah Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal, melakukan lockdown lokal RT 01 RW 04.

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: Catur waskito Edy
ISTIMEWA
Lockdown lokal di RT 1 RW IV Kelurahan Karangsari Kecamatan Kota Kendal Kabupaten Kendal, Rabu (9/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL -- Pemerintah Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal, melakukan lockdown lokal RT 01 RW 04.

Keputusan itu menindaklanjuti temuan sebanyak 78 warga di wilayah itu terpapar covid-19 usai mengikuti rombongan takziah ke kelurahan lain. Diduga mereka tertular usai mengikuti takziah di satu warga di Kelurahan Jotang.

Lurah Karangsari, Gatot Tunggul Wulung mengatakan, klaster baru penyebaran covid-19 di wilayahnya berawal adanya seorang warga yang melapor ke kelurahan mengeluh sakit.

Tak hanya itu, sakit yang diderita warga itu berupa batuk-batuk dan meriang juga dirasakan warga lain dalam satu RT.

Ia pun mengantarkan warga yang datang melapor ke Puskesmas setempat untuk dilakukan tes swab dan dinyatakan positif covid-19. "

Kemudian kami lakukan tes swab kepada keluarganya. Hasilnya istrinya juga tertular covid-19. Setelah ditelusuri, orang tersebut mengikuti rombongan takziah di Kelurahan Jotang dengan menaiki minibus," katanya, Rabu (9/6).

Gatot menuturkan, minibus yang diceritakan warganya dinaiki sekitar 50 orang dari kapasitas 25 orang. Sehingga, semua orang yang terlibat dalam rombongan tersebut terkena tracing oleh petugas Puskesmas dan dilakukan tes swab pada, Jumat (4/6).

Dari 20 sampel swab, 10 di antaranya dinyatakan positif covid-19.

Atas dasar temuan kasus yang terus berkembang, Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan tes swab massal warga setempat untuk mengetahui sejauh mana paparan covid-19 di Kelurahan Karangsari.

"Dari 150 warga yang dijadwalkan tes swab, hanya 109 yang datang. Hasilnya 66 orang positif covid-19.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved