Breaking News:

Berita Semarang

Penerimaan Peserta Didik TK-SMP Kota Semarang Dimulai, Ada Syarat Calon Pendaftar

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021-2022 untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Semaran

Tribun Jateng/M Zaenal Arifin
Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Saptogiri menerangkan sistem PPD secara online saat launching di RM IBC Jatingaleh, Semarang, Rabu (9/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021-2022 untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Semarang telah dimulai.

Dimulainya PPDB secara online tersebut setelah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang melaunching PPDB tahun ajaran 2021-2022, Rabu (9/6/2021).

Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, sebelum mendaftar PPDB, semua calon peserta didik wajib mengikuti rangkaian pendaftaran, yakni Pra Pendaftaran.

"Pra pendaftaran ini sifatnya wajib, kalau tidak ikut, maka siswa tidak bisa mendaftar di sekolah negeri," kata Gunawan.

Pra pendaftaran untuk tingkat TK dan SD dilaksanakan mulai 13 Juni, sementara untuk tingkat SMP pada 20 Juni. Dalam tahap ini peserta harus membuat akun untuk mendaftar PPDB yang dilakukan secara online.

Gunawan menjelaskan, pra pendaftaran ini berguna jika ada data kependudukan atau nilai rapor serta prestasi yang tidak sesuai. Dengan begitu, peserta didik ataupun sekolah bisa melakukan perbaikan perbaikan data.

"Pentingnya pra pendaftaran disitu. Nah nanti akan di validasi sekolah dan dinas. Siswa wajib ikut tahapan ini," jelasnya.

Hingga saat ini, pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Oleh karenanya, PPDB dilakukan tanpa pemberkasan. Berkas dari siswa bisa diketahui by sistem ketika memasukkan NIK dan tanggal lahir.

Nantinya, kata Gunawan, di sistem tersebut akan muncul zonasi sekolah, nilai usia sekolah, nilai lingkungan untuk tingkat SD. Sementara untuk tingkat SMP,  akan muncul nilai zonasi, nilai rapor serta nilai lingkungan.

"Nilai rapor ini akan muncul nilai semester I dan II kelas 4, 5, dan nilai semester I saat kelas 6," paparnya.

Sementara untuk siswa yang memiliki piagam kejuaraan berjenjang tingkat nasional maupun internasional, mendapatkan keistimewaan untuk memilih sekolah, termasuk sekolah yang ada di luar zonasi.

"Aksesnya bisa dilakukan di smartphone ataupun komputer melalui ppd.semarangkota.go.id, " tuturnya.

Sementara untuk presentase penerimaan siswa, untuk tingkat SD siswa didalam zona mendapatkan jatah 70 persen, afirmasi 15 persen dan perpindahan 5 persen.

Sedangkan untuk tingkat SMP, zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, prestasi 15 persen dan perpindahan 5 persen.

"Untuk kuota 5 persen perpindahan ini kuota bagi anak PNS, pegawai BUMN, BUMD, TNI dan Polri. Jika kuotanya masih bisa digunakan anak guru, di sekolah guru itu mengajar," pungkasnya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved