Breaking News:

Berita Semarang

Biddokkes Polda Jateng Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Rapid Tes Antigen Masal

Memperingati hari jadi Dokkes Polri dan Bhayangkara ke 75, Biddokkes Polda Jateng gelar kegiatan sosial.

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memperingati hari jadi Dokkes Polri dan Bhayangkara ke 75, Biddokkes Polda Jateng gelar rangkaian kegiatan sosial yang berlangsung di Rumah Sakit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin Kota Semarang, Senin (14/6/2021).

Wakarumkit Bhayangkara, AKBP drg Jaka Kesnanta Wahyunta mengakatan kegiatan tersebut berupa tes swab antigen gratis, donor darah dan operasi bibir sumbing. 

Biddokkes Polda Jateng juga memberikan gift ( kenang-kenangan) berupa hand sanitizer, masker, dan kebutuhan pokok kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Hal ini bertujuan agar masyarakat yang membutuhkan dapat kembali tersenyum," ujar dia.

Menurutnya, untuk operasi bibir sumbing peserta yang mendaftar cukup banyak sekitar 30 orang. Namun setelah dilakukan pemeriksaan hanya 13 orang yang bisa melaksanakan operasi bibir sumbing.

"Tadi ada juga yang tidak bisa dioperasi karena masih reaktif," ujarnya.

Pelaksanaan operasi bibir sumbing, kata dia, pasien harus memenuhi berbagai prosedur dan pemeriksaan kesehatan. Termasuk di masa pandemi pasien harus bebas corona.

"Syaratanya Hbnya harus 10g/dl, berat badan 10 kilogram, leukosit maksimal 10.000 leukosit/mcl, dan umur minimal 10 minggu. Jadi harus memenuhi rule of ten. Kalau dimasa pandemi harus bebas covid," ujar dia.

Ia mengatakan, operasi bibir sumbing dilaksanakan pada Senin (14/6/2021), dan Selasa (15/6/2021). Sementara untuk kegiatan donor dilaksanakan pada (16/6/2021), dan rapid tes antigen gratis untuk masyarakat dilaksanakan selama tiga hari.

"Masyarakat yang melakukan rapid tes antigen akan diberikan surat keterangan," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved