Breaking News:

Berita Demak

DPRD Demak Gelar Rapat Paripurna Penyerahan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020

DPRD Kabupaten Demak menggelar rapat paripurna dengan acara penyerahan Raperda tentang PJP APBD 2020.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
Istimewa
Ilustrasi. Bupati dan Wakil Bupati Demak, Eistianah dan KH. Ali Makhsun, foto bersama dengan pimpinan DPRD Demak dan jajaran Forkopimda usai Rapat Paripurna ke-12 Masa Sidang II tahun 2021 di ruang sidang paripurna DPRD Demak, Senin (31/5/2021) lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK – DPRD Kabupaten Demak menggelar rapat paripurna dengan acara penyerahan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Demak Tahun Anggaran 2020, Senin (14/6/2021). Dalam rapat Bupati Demak Eistianah menyerahkan Raperda tersebut.

Pimpinan rapat sekaligus Ketua DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet, mengatakan, rapat paripurna yang pihaknya selenggarakan merupakan tindak lanjut dari Surat Bupati Demak Nomor 920/0276 tanggal 8 Juni 2021 tentang Permohonan Waktu Penyerahan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Demak Tahun Anggaran 2020. Berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah menyebutkan, kepala daerah menyampaikan rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan serta ikhtisar laporan kinerja dan laporan keuangan BUMD paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD, pada dasarnya merupakan 5 bentuk pertanggungjawaban dan evaluasi atas pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan yang telah dilaksanakan selama satu tahun,” ujar Slamet.

Untuk mengetahui gambaran capaian output dan outcome atas pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pemerintahan selama tahun 2020, pada kesempatan ini akan disampaikan Nota Pengantar Penyerahan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 oleh Esitianah sebagai Bupati Demak.

“Dalam rapat paripurna tersebut juga dibacakan Keputusan DPRD Kabupaten Demak Nomor 9 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan DPRD Kabupaten Demak Nomor 45 Tahun 2019 tentang Penetapan Susunan Pimpinan dan Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Demak oleh Sekretariat DPRD,” kata dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved