Breaking News:

Timnas Indonesia

Ezra Walian Bisa Kembali Membela Timnas Indonesia, Inilah Sosoknya

Ezra Walian merasa lega hatinya setelah kini diperbolehkan kembali membela Timnas Indonesia.

Editor: Catur waskito Edy
instagram
Erza Walian 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA --- Ezra Walian merasa lega hatinya setelah kini diperbolehkan kembali membela Timnas Indonesia.

Kepastian ini dikatakan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi yang menjelaskan bahwa  Ezra Walian bisa kembali membela timnas Indonesia ke depan.

Ezra Walian mulanya adalah pemain berkebangsaan Belanda. Namun, dia juga memiliki darah Indonesia dari sang ayah sehingga memutuskan menjadi WNI pada 18 Mei 2017.

Tiga hari setelah dinaturalisasi, Ezra Walian langsung debut bersama timnas Indonesia saat uji coba kontra Myanmar. Pemain kelahiran Amsterdam itu kemudian masuk skuad timnas U23 Indonesia asuhan Luis Milla pada SEA Games 2017.

Berhasil mencetak satu gol dan membawa Garuda Muda peringkat ketiga di SEA Games, nama Ezra kian dikenal di Tanah Air.

Namun, Ezra mendapat kabar buruk dua tahun berselang karena dilarang FIFA membela timnas U23 Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia U23 2020.

Penyebabnya, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mengirimkan memorandum kepada FIFA terkait status Ezra Walian.

Ezra tercatat pernah bermain untuk timnas Belanda U15, U16, dan U17 sebelum menjadi WNI. Berdasarkan statuta FIFA saat itu soal status pemain yang berganti federasi, seseorang hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan dengan catatan tidak tampil di ajang level A negara sebelumnya.

Ezra Walian pernah tampil membela timnas U17 Belanda di Kualifikasi Piala Eropa U17 2014 yang notabene turnamen resmi FIFA.

Alhasil, Ezra dilarang membela timnas U23 Indonesia dan senior di kompetisi FIFA maupun AFC.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved