Breaking News:

Berita Kudus

Pemkab Kudus Upayakan Tracing Masif, Ditarget Sehari hingga Swab Tes

Sejauh ini memang rasio penelusuran kontak erat yakni 1:3 atau dari satu pasien yang terkonfirmasi positif, hanya mampu melakukan penelusuran tiga ora

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Badai Ismoyo, Selasa (15/6/2021) 

Penulis: Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus mengupayakan tracing kontak erat pasien positif Covid-19 secara massif.

Sejauh ini memang rasio penelusuran kontak erat yakni 1:3 atau dari satu pasien yang terkonfirmasi positif, hanya mampu melakukan penelusuran tiga orang kontak erat.

“Seharusnya dan instruksinya 1:30, tetapi berdasarkan kapasitas tenaga tracing yang ada di lapangan insyaallah kami akan bisa mulai mengupayakan 1:10 sampai 1:20,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Badai Ismoyo, Selasa (15/6/2021).

Dengan sumber daya yang ada, kata Badai, dalam sehari petugas di Puskesmas nantinya bakal mampu tracing sebanyak 200 sampai 300 kontak erat.

Penelusuran kontak erat yang sarat akan pengambilan sampel swab tersebut juga mensyaratkan kemampuan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dalam melakukan deteksi.

Beberapa waktu lalu, kata Badai, deteksi sampel swab dari hasil penelusuran di Kudus sampai harus dilimpahkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jateng.

Sebab alat PCR yang berada di RSUD Loekmono Hadi tidak mampu melakukan deteksi seluruhnya lantaran banyaknya kasus di Kudus.

Namun belakangan Kemenkes telah menerjunkan mobil laboratorium PCR. Rata-rata per hari, ujar dia, mampu melakukan deteksi sampai 300 swab.

“Mulai kemarin senin sudah bisa beroperasi kalau RSU bisa sekitar 300 swab maka alat baru itu kurang lebih hampir sama 300. Jadi per hari bisa dilakukan pemeriksaan sebanyak 600 swab,” kata dia.

Badai melanjutkan, penelusuran kontak sekaligus tes swab adalah keharusan untuk mengetahui secara dini penyebaran virus corona.

Untuk itu, kata dia, pihak Kementerian Kesehatan mengharuskan adanya tracing besar-besaran.

(*

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved