Breaking News:

Berita Kudus

Rapid Test Antigen Acak di Pusat Perbelanjaan di Kudus, Dua Orang Reaktif

Petugas dari Posko Gabungan Penanganan Covid-19 merapid test antigen secara acak di pusat perbelanjaan.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Petugas dari Posko Gabungan Penanganan Covid-19 melakukan rapid test antigen secara acak di pusat perbelanjaan di Kecamatan Jati, Kudus, Selasa (15/6/2021). Dari tujuh orang yang dirapid, dua di antaranya dinyatakan reaktif.

Rapid antigen acak tersebut menyasar sejumlah pengunjung. Selain itu, beberapa petugas kasir juga dirapid.

“Kami melakukan sidak secara acak bagi pengunjung bagi petugas. Kami laksanakan acak rapid hasilnya ada dua yang reaktif dari tujuh yang kami acak tadi,” ujar Koordinator Posko Gabungan, Mayor Kav JF Manurung.

Dua orang yang reaktif tersebut merupakan pengunjung pusat perbelanjaan dan seorang petugas kasir. Setelah diketahui hasil dari rapid antigen reaktif, kedua orang itu langsung disarankan untuk isolasi mandiri.

“Kemudian kami laporkan pada Puskesmas dan kepada perangkat desanya untuk segera menindaklanjuti. Kemudian Satgas Covid-19 akan kami tembusi tentang apa yang kami lakukan hari ini,” ujar dia.

Rapid antigen acak selanjutnya, kata Manurung,  akan menyasar sejumlah kerumunan. Selain itu, angkringan maupun rumah sakit juga menjadi sasaran rapid acak.

“Kalau di rumah sakit yang kami rapid itu pengunjung atau penjaganya,” kata dia.

Rapid antigen acak ini dilakukan demi menekan angka penyebaran Covid-19 di Kudus. Kata Manurung, pihaknya telah mendapat perintah baik dari gubernur maupun Pangdam untuk melakukan upaya penurunan angka kasus Covid-19 di Kudus.

“Kami dari posko gabungan dari provinsi, dari instansi kabupaten, atas perintah bapak gubernur, atas perintah Pangdam, perintah teratas untuk menurunkan atau menghilangkan segera angka Covid-19 di Kudus,” tandas dia.

Rapid test secara acak juga tertuang dalam klausul surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Kudus HM Hartopo. Edaran tersebut mengimbau kepada warga untuk di rumah selama sepekan sejak Senin sampai Minggu (14-20/6/2021). Petugas akan melakukan rapid secara acak terhadap warga yang berada di luar rumah. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved