Breaking News:

Berita Nasional

TNI AU Gelar Latihan Operasi Udara di Babel Jelang Kedatangan USAF di Pekanbaru

Sedangkan dalam waktu dekat, TNI AU juga akan kehadiran angkatan udara Amerika Serikat USAF dalam latihan bersama Cope West 2021 menggunakan F-16 di P

Editor: m nur huda
net
Ilustrasi - Pesawat Sukhoi TNI AU 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - TNI AU menggelar latihan antar-satuan, guna menjaga kesiapsiagaan prajurit melaksanakan operasi udara.

Sedangkan dalam waktu dekat, TNI AU juga akan kehadiran angkatan udara Amerika Serikat USAF dalam latihan bersama Cope West 2021 menggunakan F-16 di Pekanbaru.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara ( KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menegaskan, TNI AU terus berupaya meningkatkan kemampuan dan profesionalitas prajurit meskipun saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19.

Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kanan) membaca sumpah saat dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU.
Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kanan) membaca sumpah saat dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU. (ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A)

Baca juga: Pesawat Tempur F-16 TNI AU Telah Mendarat di Pekanbaru, dari USAF Segera Menyusul

Baca juga: TNI AU Pratu Nur Rohman dan Istri Ditembak, Peluru Kenai Telapak Tangan dan Paha

Baca juga: TNI AU dan Angkatan Udara Amerika Gelar Latihan Tempur dengan F-16 di Pekanbaru

Baca juga: TNI Kerahkan 2 Pesawat Tempur F-16 & Helikopter di Batas Australia dan Timor Leste, Ada Apa?

Hal itu disampaikan Fadjar ketika meninjau latihan Jalak Sakti 2021 dan Harda Maruta antar satuan Komando Operasi TNI AU I (Koopsau I) yang digelar Wing I Paskhas di Lanud H AS Hanandjoeddin, Belitung Timur, Bangka Belitung atau Babel, Senin (14/6/2021).

"Meskipun pada masa pandemi Covid-19, TNI AU tetap mengelar latihan antar-satuan, guna menjaga kesiapsiagaan prajurit melaksanakan operasi udara dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah udara NKRI," ujar Fadjar dalam keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau), Selasa (15/6/2021).

Tiga pesawat tempur TNI AU tengah menjalani latihan Jalak Sakti 2021 dan Harda Maruta di Lanud H AS Hanandjoeddin, Belitung Timur, Bangka Belitung. Senin (14/6/2021).
Tiga pesawat tempur TNI AU tengah menjalani latihan Jalak Sakti 2021 dan Harda Maruta di Lanud H AS Hanandjoeddin, Belitung Timur, Bangka Belitung. Senin (14/6/2021). (Dispenau)

Menurut Fadjar, latihan tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI AU kepada masyarakat.

"Dapat kita saksikan tadi, target-target sasaran yang diberikan dapat dihancurkan dengan tepat. Ini menunjukkan tingkat profesionalisme prajurit TNI AU sangat baik sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI AU terhadap rakyat Indonesia," kata Fadjar.

Fadjar juga mengingatkan agar pelaksanaan latihan tersebut dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Adapun pelaksanaan operasi udara tersebut melibatkan seluruh skadron udara jajaran Koopsau I, yakni Skadron Udara 1, 2, 6, 7, 8, 12, 16, dan Skadron Udara 31, serta Skadron Udara 5 dari Koopsau II.

Mulai dari pesawat Hawk 100/200, F-16 yang dipersenjatai Bom Mk-12 dengan call sign Ryder Flight, hingga NAS-332 Super Puma Sementara personel yang dilibatkan sebanyak 1.072 prajurit dari jajaran Koopsau I dan Wing I Paskhas.

Latihan Bersama Jet Tempur F-16 TNI AU dengan USAF

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved