Breaking News:

Jangan Panik! Ganjar Jamin Stok Tabung Oksigen RS di Jawa Tengah Aman

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan stok oksigen di Jawa Tengah aman.

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: Daniel Ari Purnomo
istimewa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melihat Depo Samator Gas Industry di Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (22/6/2021).  

Penulis: M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan stok oksigen di Jawa Tengah aman. Karenanya, dia meminta rumah sakit rujukan Covid-19 tidak perlu panik dengan adanya isu ketersediaan oksigen.

Ganjar membenarkan adanya peningkatan kebutuhan oksigen pada sejumlah rumah sakit seiring bertambahnya pasien Covid-19. Meski demikian, stoknya dari perusahaan dipastikan aman. 

"Stok sampai hari ini aman. Bahwa ada peningkatan iya, tapi stok masih cukup, tidak perlu panik. Saya minta rumah sakit jangan panik. Komunikasi saja dengan perusahaan penyedia oksigen, kalau tidak bisa laporkan ke kami biar kami langsung turun tangan," terangnya kepada Tribunjateng.com saat meninjau depo oksigen PT Samator di Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (22/6/2021).

Ia menilai munculnya isu kekurangan oksigen di rumah sakit akhir-akhir ini tidak lebihb hanya karena kepanikan saja. Dari komunikasi dan pengecekan yang dilakukannya, stok oksigen aman dan siap didistribusikan.

Dia menyatakan, agar seluruh rumah sakit rujukan di Jateng mulai hari ini menghitung kebutuhan oksigen, proyeksi kebutuhannya dan langsung melaporkan pada Dinas Kesehatan.

"Rata-rata rumah sakit sudah punya hubungan sendiri, kontrak sendiri. Tolong kontraknya diperbaiki, kalau kapasitasnya kurang ya ditambah. Saya minta rumah sakit jangan hanya menunggu, harus inisiatif. Kalau transporternya kurang, ya ambil sendiri," katanya

Pihaknya memastikan PT Samator siap mencukupi kebutuhan oksigen di Jawa Tengah. Meski memang ada peningkatan, namun pihak Samator sudah mengambil tambahan suplai dari Jabar dan Jatim.

General Manager PT Samator Jateng, Julianto menyampaikan pasokan oksigen Jateng masih aman. Meski begitu, pihaknya meminta agar rumah sakit memberikan informasi detil tentang berapa kebutuhan yang harus dicukupi.

"Selama ini kan kami tidak tahu informasinya, tahu-tahu peningkaannya cukup tinggi. Namun untuk kondisi sekarang masih tercukupi. Nanti kalau kurang kami juga sudah antisipasi dengan mendatangkan beberapa isotank ke sini," jelasnya.

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved