Breaking News:

Virus Corona

Benarkah Ada Rumah Sakit di Jawa Tengah Berburu Tabung Oksigen ke Peternak Ikan hingga Tukang Las?

Kelangkaan oksigen masih terjadi di sejumlah daerah di Jateng, bersamaan dengan terus terjadinya lonjakan kasus covid-19 di Indonesia.

Editor: Catur waskito Edy
ISTIMEWA
Petugas RSDC Kota Semarang menghitung ketersediaan tabung oksigen. 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS -- Kelangkaan oksigen masih terjadi di sejumlah daerah di Jateng, bersamaan dengan terus terjadinya lonjakan kasus covid-19 di Indonesia.

Bahkan, Rumah Sakit (RS) sampai kesulitan mendapatkan pasokan oksigen yang memiliki peran vital membantu perawatan pasien covid-19.

Hal itu seperti dialami Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara. Direktur RSI Banjarnegara, Agus Ujianto mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan oksigen, pihaknya sampai berburu ke peternak ikan di beberapa kecamatan yang merupakan sentra peternak ikan di Banjarnegara.

Pihaknya terbantu oleh peternak ikan di Banjarnegara yang merelakan oksigennya untuk kesehatan dan kemanusiaan.

"Kami sangat berterimakasih atas kontribusi peternak ikan di Banjarnegara," katanya, Rabu (30/6).

Menurut dia, kebutuhan oksigen di rumah sakit itu mencapai 100 tabung/hari, dengan jumlah isolasi covid-19 yang kini mencapai 50 bed.

"Satu pasien jika kondisinya kurang baik, satu tabung besar bisa habis dalam waktu satu jam saja," ujarnya.

Dengan kondisi itu, Agus sudah melayangkan surat kepada pucuk pimpinan di Banjarnegara agar ada regulasi terkait dengan oksigen. Pihaknya bahkan berharap Banjarnegara mampu membuat oksigen yang dibutuhkan saat ini.

"Kelangkaan gas oksigen ini karena lonjakan pasien. Kalau ada pabrik khusus di Banjarnegara akan sangat membantu," ucapnya.

Kepala Bagian Pelayanan Penunjang Medis RSI Banjarnegara, Masrurotut Daroen menyatakan, satu tabung oksigen saat ini sangat berharga.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved