Breaking News:

Berita Tegal

Respon Cepat Jogo Tonggo Desa Tuwel Identifikasi Klaster Penularan, 40 Orang Positif Covid-19

Sejumlah warga Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal alami gejala Covid-19. 

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: sujarwo
Dok. Humas Pemkab Tegal.
Bupati Tegal Umi Azizah, bersama Satgas Jogo Tonggo RW 04 Desa Tuwel dan unsur Forkopimcam Bojong, bekerja sama dengan Puskesmas Bojong membuka layanan rapid tes antigen massal di SMP NU 01 Bojong, Sabtu (26/6/2021) lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Berawal dari takziah ke rumah duka kerabat yang meninggal dunia, sejumlah warga Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal alami gejala Covid-19. 

Beruntung, Bupati Tegal Umi Azizah, yang mengetahui hal tersebut segera berkomunikasi dengan Satgas Jogo Tonggo lingkungan setempat dan mengundang tim dari Puskesmas Bojong untuk melakukan tes usap antigen massal. 

Hasilnya 40 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Umi mengungkapkan, jika temuan klaster penularan tersebut berawal dari salah seorang kerabatnya yang terkonfirmasi positif setelah menjalani uji usap antigen. 

Dari sini, Umi mendapati jika kerabatnya tersebut bersama sejumlah warga Desa Tuwel lainnya sempat bertakziah ke Desa Gendowang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang dan Desa Kedawung Kecamatan Bojong. Belakangan diketahui jika mereka yang meninggal dunia positif Covid-19.

Setelah dikonfirmasi, warga lain yang mengikuti takziah tersebut ada yang mengalami gejala sakit seperti demam, sakit kepala, radang tenggorokan, nyeri persendian, diare, hingga hilang indera penciuman. 

Dari sini, Umi pun segera berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk melakukan tes usap antigen massal yang diselenggarakan di SMP NU 01 Bojong, Sabtu (26/6/2021) lalu. 

“Dari tes pertama yang diikuti 53 orang ditemukan 21 warga terkonfirmasi positif dan kita lanjutkan pada Senin (28/6/2021) yang diikuti 73 orang dengan hasil 19 orang positif Covid-19. Jadi totalnya 40 orang, satu di antaranya warga Desa Mucanglarang, Kecamatan Bumijawa,” ungkap Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Rabu (30/6/2021). 

Umi yang juga menjabat Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal ini menguraikan, dari 39 warga Desa Tuwel yang terkonfirmasi positif 35 orang berasal dari RW 04, dan 4 orang dari RW 01. 

Dari temuan kasus tersebut, tiga di antaranya dirujuk perawatannya ke rumah sakit karena mengalami gejala sesak nafas dan memiliki riwayat penyakit penyerta, selebihnya isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved