Breaking News:

Idul Adha

Idul Adha di Waktu PPKM Darurat, Kemenag Sarankan Penyembelihan Pada Hari Tasyrik dan Tak Berkerumun

Pelaksanaan Idul Adha 2021 masuk masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yakni pada 20 Juli 2021.

Penulis: dina indriani | Editor: rival al manaf
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Juru sembelih menyembelih hewan kurban Pemkot Semarang di Balai Kota Semarang, Senin (3/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG -Pelaksanaan Idul Adha 2021 masuk masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yakni pada 20 Juli 2021.

Sesuai Surat Edaran Menteri Agama nomor 17 terkait dengan PPKM darurat dan instruksi Gubernur-Bupati, Kemenag Batang harus ikut dan patuh.

Untuk mendukung pelaksanaan PPKM darurat serta sebagai upaya menekan angka kasus Covid-19, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batang mengimbau masyarakat menyembelih hewan kurban setelah hari H.

Baca juga: Akses Masuk ke Kota Semarang Disekat, Macet 5 Km, Sopir dan Pekerja Kebingungan: Tak ada Sosialisasi

Baca juga: Video Kuliner Pecel Pincuk Madiun Enak Ada di Slawi Tegal

Baca juga: Penyebab Noda Hitam Pada Wajah yang Bikin Kulit Wajah Gagal Glowing

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang, Muhammad Aqsho mengatakan bahwa prosesi penyembelihan pada hari tasyrik masih diperbolehkan yaitu pada 21, 22, dan 23 Juli 2021.

"Untuk menghindari pelaksanaan sembelih kurban dengan kerumunan, penyembelihan bisa dilaksanakan tidak di hari H, bisa pada 11, 12, 13 pada hari tasyrik bulan Zulhijjah," tuturnya, Kamis (8/7/2021).

Selain itu, imbauan yang dikeluarkan adalah kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH). 

"Tetapi karena dimungkinkan RPH penuh dan ada keterbatasan, harapannya penyelenggaraan kurban di luar RPH, panitia kurban untuk memperketat Prokes," ujarnya.

Peserta yang diperbolehkan hadir di acara penyembelihan kurban, lanjut dia  hanya panitia khusus yang sudah ditunjuk, bukan masyarakat umum.

Menurutnya, walaupun sama-sama pada masa pandemi, kurban tahun ini berbeda yahun lalu ada zonasi penyebaran COVID-19, zona hijau dan kuning masih diperbolehkan.

“Sedangkan pada tahun ini seluruh wilayah di Kabupaten Batang diharapkan melakukan salat Idul Adha di rumah, dan penyembelihan mengikuti arahan pada hari tasyrik,” jelasnya.

Selain penyembelihan, pihaknya menghimbau kepada seluruh pengurus masjid, musala, dan tempat ibadah lain untuk sementara kegiatan ibadah dan salat rumah masing-masing.

Baca juga: Peruntungan Shio Besok Jumat 9 Juli 2021

Baca juga: Harga Obat di Kota Semarang Naik, Hendi Buru Distributor

Baca juga: Profil dan Biodata Nia Ramadhani, Ditangkap Kasus Narkoba Bersama Ardi Bakrie

"Sementara tempat ibadah ditutup, imbauan ini ditunjukkan ke seluruh wilayah di Kabupaten Batang karena  Batang masuk kategori tiga dalam pemberlakuan PPKM Darurat," imbuhnya.

Hingga saat ini pihaknya akan terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai imbauan pelaksanaan salat idul adha dan penyembelihan hewan kurban tersebut

“Kami terus memberikan edukasi pada masyarakat, masyarakat harus semakin sadar, karena keselamatan sesama umat juga harus diutamakan dan ibadah sunnah bisa dilaksanakan di rumah," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved