Breaking News:

Berita Jateng

PW Muhammadiyah Jateng Akan Bagikan 180 Ribu Daging Qurban Kaleng Untuk Masyarakat di Tengah Pandemi

PW Muhammadiyah Jateng targetkan 180 ribu daging Qurban kaleng siap santap untuk dibagikan ke masyarakat kurang mampu, di berbagai waliyah di Jateng

Penulis: budi susanto | Editor: muslimah
Shutterstock
Ilustrasi daging kurban 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PW Muhammadiyah Jateng targetkan 180 ribu daging Qurban kaleng siap santap untuk dibagikan ke masyarakat kurang mampu, di berbagai waliyah di Jateng.

Jumlah tersebut 30 persen dari total 600 ribu daging qurban kaleng, yang akan dihimpun oleh PW Muhammadiyah bersama Lazismu.

Data dari PW Muhammadiyah Jateng, hingga H-1 Idul Adha yang dilaksanakan 20 Juli mendatang, PW Muhammadiyah dan Lazismu Jateng sudah menggalang dana Rp 3,96 miliar lebih.

Menurut Ketua PW Muhammadiyah Jateng, Tafsir, target penggalangan dana hingga pelaksanaan qurban mencapai Rp 4 miliar.

“Hari ini terakhir penggalangan dana tersebut, Insyallah bisa sesuai target di angka Rp 4 miliar,” jelasnya kepada Tribunjateng.com melalui sambungan telpon, Senin (19/7/2021).

Dilanjutkannya, jika dihitung dana Rp 4 miliar, bisa mendapatkan sekitar 2 ribu sapi dengan harga Rp 21 juta untuk satu ekornya.

“Satu ekor sapi bisa jadi 300 daging qurban kaleng, dengan berat di angka 200 gram per kalengnya,” tuturnya.

Tak hanya untuk dibagikan ke masyarakat kurang mampu, Tafsir juga menuturkan, akan ada stok untuk ketahanan pangan termasuk bencana alam.

“Kami juga berikan porsi untuk Covid-19, khusunya bagi masyarakat yang dinyatakan positif, untuk prosentasenya di angka 20 persen dari total daging qurban kaleng yang sudah terhimpun nanti,” tuturnya.

Ditambahkannya, dalam perayaan Hari Raya Qurban, PW Muhammadiyah Jateng mengimbau agar masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan Shalat Idhul Adha di rumah.

“Hal itu juga tertuang di edaran Muhammadiyah pusat, jadi kami imbau masyarakat mengikuti anjuran tersebut,” tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved