Breaking News:

Berita Salatiga

RPH Kota Salatiga Terima 205 Hewan Kurban, Kadispangtan: Pemotongan Tiga Hari

Dinas Pangan, dan Pertanian (Dipangtan) Kota Salatiga mencatat terjadi kenaikan permohonan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kot

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: m nur huda
IST/Dokumen Pribadi
Kadispangtan Kota Salatiga Nunuk Dartini saat meninjau penyembelihan hewan kurban di RPH Salatiga, Selasa (20/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dinas Pangan, dan Pertanian (Dipangtan) Kota Salatiga mencatat terjadi kenaikan permohonan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Salatiga pada momen Idul Adha 1442 Hijriyah. 

Kepala Dispangtan Kota Salatiga Nunuk Dartini mengatakan adanya pandemi Covid-19 dan larangan menyembelih hewan kurban karena berpotensi memicu kerumunan membuat jumlah pemotongan hewan di RPH meningkat. 

"Pemohon untuk hewan kurban mereka dipotong mencapai 205 ekor. Tahun lalu sekira 150 an, ini meningkat khususnya jenis sapi," terangnya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (21/7/2021) 

Menurut Nunuk, dari hasil pemantauan hewan kurban baik di RPH maupun pada wilayah kecamatan yang melakukan penyembelihan hewan secara mandiri seluruhnya dalam keadaan sehat. 

Ia menambahkan, terdapat satu ekor sapi yang disembelih di RPH kondisi bagian hatinya kurang bagus terdapat cacing pita kemudian langsung dimusnahkan petugas. 

"Ini karena hewan kurban mencapai ratusan agar petugas tidak kelelahan dan menghindari kerumunan penyembelihan kami lakukan selama tiga hari sampai Kamis (22/7/2021)," katanya

Dia mengapresiasi masyarakat yang mempercayakan hewan kurban mereka disembelih melalui RPH. Pihaknya menjamin tidak adanya biaya, hanya biasa tukang jagal seikhlasnya karena bukan pegawai tetap RPH. (ris) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved