Breaking News:

Olimpiade Tokyo 2021

Olimpiade Tokyo 2021: Rio Waida dan Nurul Akmal Ditugasi Bawa Bendera Merah Putih

Opening Ceremony atau Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan dihelat di Olympic Stadium pada Jumat (23/7) pukul 18.00 WIB

Editor: Catur waskito Edy
AFP/CHARLY TRIBALLEAU
Pemandangan di National Stadium Tokyo saat acara uji coba atletik untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo pada 9 Mei 2021. Di sini juga akan dilangsungkan sepak bola Olimpiade Tokyo 2020. 

TRIBUNJATENG.COM, TOKYO -- Opening Ceremony atau Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan dihelat di Olympic Stadium pada Jumat (23/7) pukul 18.00 WIB. Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 akan mengusung tema "United by Emotion". 

Tema tersebut berkaitan dengan fakta bahwa Olimpiade Tokyo 2020 akan diselenggarakan di tengah pandemi virus corona.

Secara garis besar, maksud dari tema United by Emotion adalah Olimpiade Tokyo 2020 diharapkan bisa menjadi media pemersatu publik dunia untuk bersama-sama bangkit dan merasakan kegembiraan di tengah situasi sulit menghadapi pandemi virus corona. 

Berbeda dari sebelumnya, Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 kali ini dipastikan digelar tertutup alias tanpa penonton akibat pandemi virus corona. 

Total hanya ada sekitar 10.000 tamu undangan mulai dari diplomat, pihak sponsor, hingga anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), yang akan hadir pada Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 itu.

Beberapa acara pokok yang akan tersaji di Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 adalah sambutan perwakilan Pemerintah Jepang, pengibaran bendera Olimpiade, pengambilan sumpah perwakilan atlet dan pelatih, parade kontingen atau negara peserta, hingga penyalaan api obor Olimpiade.

Dikutip dari situs Time, kontingen atau negara peserta nantinya akan diperkenalkan dengan bahasa Jepang pada Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020. 

Parade kontingen atau negara peserta Olimpiade Tokyo 2020 nantinya akan dibuka dengan Yunani dan ditutup oleh Jepang. Yunani nantinya akan menjadi negara pertama yang diperkenalkan pada parade kontingen Olimpiade Tokyo 2020. 

Keistimewaan itu selalu didapatkan Yunani pada setiap upacara pembukaan Olimpiade. Sebab, Yunani adalah negara pertama penyelenggara Olimpiade. Parade kontingen atau negara peserta Olimpiade Tokyo 2020 nantinya akan ditutup dengan Jepang selalu tuan rumah. 

Rio Waida dan Nurul Akmal akan menjadi atlet yang ditugaskan untuk membawa bendera Indonesia pada parade kontingen negara peserta di Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved