Breaking News:

Semarang Hebat

Warga Sapta Marga Sulap Selokan Jadi Kolam-kolam Ikan, Panen Beberapa Jenis Ikan Mencapai 100 Kg

Perlu dicoba memanfaatkan selokan atau saluran irigasi untuk budidaya ikan. Sudah banyak yang berhasil.

Penulis: budi susanto | Editor: Catur waskito Edy
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Suwarti memberi makan ikan yang dipelihara di saluran air, di RT 02 RW 01 Sapta Marga 3 Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Senin (19/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Perlu dicoba memanfaatkan selokan atau saluran irigasi untuk budidaya ikan. Sudah banyak yang berhasil.

Dawis di Sapta Marga Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang sudah setahun beternak ikan di selokan dan hasilnya menggemberikan. Penasaran?

Rayusan meter saluran air di RT 02 RW 01 Sapta Marga 3 Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, berisi berbagai jenis ikan.

Ikan-ikan tersebut dipelihara oleh warga sekitar, diberi makan rutin tiap pagi dan sore. Warga memanfaatkan ikan-ikan tersebut untuk dikonsumsi.

Diterangkan Suwarti, satu di antara anggota Dawis RT 02 RW 01 Kelurahan Jangli, ikan tersebut dipelihara oleh kelompok ibu-ibu RT 02.

"Dibantu juga oleh warga sekitar, hampir satu tahun terakhir selokan di sini dijadikan media untuk memelihara ikan," jelasnya saat ditemui Tribunjateng.com, di RT 02 RW 01 Keluharan Jangli, Senin (19/7).

Sembari memberi makan berbagai jenis ikan, Suwarti menuturkan, ikan yang dipelihara di saluran air tersebut sudah dipanen.

"Terakhir panen hampir 100 kilogram. Yang dipelihara ada ikan konsumsi seperti lele, bawal, gurami, serta ikan emas. Selain itu ada ikan koi juga," terangnya.

Menurutnya, ikan-ikan tersebut dimanfaatkan warga untuk konsumsi, dan sangat bermanfaat di tengah kondisi sulit.

"Apalagi di tengah pandemi, ikan yang kami pelihara besar manfaatnya. Kadang dikonsumsi warga, kadang dijual juga yang sebagian hasilnya untuk membeli bibit dan pakan ikan," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved