Breaking News:

OPINI

OPINI Djoko Subinarto : Laptop Merah Putih

KETERGANTUNGAN pada produk-produk teknologi dari luar seyogianya mulai kita kurangi. Kita mesti mampu menciptakan sejumlah produk teknologi unggulan

Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/bram
Mengakhiri Paceklik Negarawan. Opini ditulis oleh Djoko Subinarto, Kolumnis, alumnus Universitas Padjadjaran 

oleh Djoko Subinarto

Kolumnis dan Blogger

KETERGANTUNGAN pada produk-produk teknologi dari luar seyogianya mulai kita kurangi. Kita mesti mampu menciptakan sejumlah produk teknologi unggulan yang bisa menjadi ikon kebanggaan bangsa ini. Pemerintah Indonesia tengah berancang-ancang memproduksi laptop Merah Putih dengan tingkat kandungan komponen dalam negeri yang tinggi.

Untuk memproduksi laptop Merah Putih ini, sudah terbentuk konsorsium perguruan tinggi yang terdiri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan kalangan industri teknologi informasi dalam negeri.

Sekarang ini, sekitar 95 persen pangsa pasar laptop Indonesia didominasi oleh laptop impor. Laptop menjadi produk impor dengan nilai paling besar di kelompok elektronika. Berdasar data Kementerian Perindustrian, nilai impor laptop setiap tahunnya rata-rata mencapai 1 miliar dolar AS, setara Rp14,49 triliun.

Meluncur di pasaran

Diharapkan pada tahun 2024 mendatang, laptop Merah Putih ini sudah bisa meluncur di pasaran, sehingga bisa mengurangi ketergantungan negara kita pada produk impor, khususnya untuk sektor pendidikan.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, seperti dikutip tribunnews.com, belum lama ini, laptop Merah Putih nantinya dapat dimanfaatkan dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, terutama dalam pengadaan barang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Upaya untuk memproduksi produk-produk teknologi oleh bangsa sendiri memang perlu digelorakan. Jangan sampai kita bergantung melulu pada produk-produk teknologi buatan bangsa lain.

Cepat atau lambat, setidaknya kita mesti memiliki sejumlah produk teknologi unggulan yang bisa menjadi ikon kebanggaan negara kita. Apakah kita mampu? Harus mampu. Bangsa lain bisa. Bangsa kita juga harus bisa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved