Breaking News:

Berita Video

Video Penjual Kandang Ayam dan Burung di Banjarnegara Terdampak Pandemi

Warsono adalah penjual aneka kerajinan  bambu, khususnya kurungan (kandang) ayam dan burung. Semuanya berbahan bambu. Ia mengambilnya dari sejumlah pe

Penulis: khoirul muzaki | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Berikut ini Video penjual kandang ayam dan burung di Banjarnegara terdampak pandemi

Puluhan kurungan ayam dan burung dari bambu menggunung di halaman rumah milik Warsono, warga Rt 6 Rw 1 Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja. Bangunan depan rumahnya sampai tak terlihat karena tertutup kerajinan. 

Akhir-akhir ini dagangannya sepi. Kerajinan bambu yang ia beli dari pengrajin masih menumpuk di rumah.  Pandemi Covid 19 benar-benar melumpuhkan sendiri perekonomian masyarakat.  Penjual kerajinan seperti Warsono pun harus kena imbasnya. 

Warsono adalah penjual aneka kerajinan  bambu, khususnya kurungan (kandang) ayam dan burung. Semuanya berbahan bambu. Ia mengambilnya dari sejumlah pengrajin di desanya dan desa-desa sekitar. 

"Sekarang lagi sepi.  Dulu sebelum ada corona bisa nabung, sekarang boro-boro, " katanya, Sabtu (24/7/2021). 

Warsono yang berjualan sejak tahun 1965 ini merasakan betul dampak pandemi terhadap perputaran ekonominya. 

Usahanya sangat bergantung dari keberadaan orang yang hobi memelihara ayam dan burung.  Entah mengapa, usaha mikro ini pun ikut terpukul. 

Tapi wajar saja peminat kurungan bambu berkurang. Para pemelihara burung atau ayam kurang bisa menyalurkan hobinya di masa pandemi ini.  Lomba atau kontes burung dilarang karena mendatangkan kerumunan. Apalagi sabung ayam. 

Ia menilai, larangan kegiatan masyarakat semacam itu ikut membuat usaha kandang  lesu. Bahkan ia yakin, bukan hanya usaha kerajinan kandang, bisnis penjualan ayam maupun burung pun ikut lesu. 

Pengrajin kurungan bambu pun dinilainya menurun produktifitasnya karena produk kurang terserap pasar. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved