Breaking News:

Pertamina Cilacap

Pertamina Cilacap Fasilitasi Pengabdian PNC di Kelompok Mitra Binaan

Kilang Pertamina Cilacap memberikan dukungan penuh pada setiap upaya pemberdayaan masyarakat, termasuk di kelompok mitra binaan.

Editor: abduh imanulhaq
PERTAMINA CILACAP
Kilang Pertamina Cilacap memberikan dukungan pelatihan pembibitan tanaman hidroponik di KWT Sekar Arum 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP – Kilang Pertamina Cilacap memberikan dukungan penuh pada setiap upaya pemberdayaan masyarakat, termasuk di kelompok mitra binaan.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Tim Pengabdian Dosen Politeknik Negeri Cilacap (PNC) berupa pelatihan pembibitan tanaman hidroponik di Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Arum, binaan Pertamina.

Pelatihan pembibitan menggunakan Nursery Chamber yang memanfaatkan Panel Surya bagi masyarakat perkotaan.

“Adanya pembatasan kegiatan di masa pandemi ini berdampak pada terhentinya budidaya tanaman hidroponik. Masyarakat, khususnya di KWT Sekar Arum ini perlu kami bagikan teknik pembibitan tanaman hidroponik yang tepat,” jelas Artdhita Fajar Pratiwi, Dosen PNC.

Rangkaian kegiatan terdiri dari pengenalan dan pengoperasian nursery chamber, teknik penyemaian, perawatan bibit, serta proses pindah bibit tanaman ke instalasi hidroponik.

“Saat ini budidaya tanaman hidroponik dengan memanfaatkan lahan sempit mulai banyak diminati terutama di wilayah perkotaan. Selain sebagai pemenuh kebutuhan sayur sehat untuk keluarga, nilai estetika yang dihasilkan juga memberikan daya tarik,” lanjut Artdhita.

Menurut Ardhita, dengan metode Nursery Chamber ini, pembibitan tanaman hidroponik akan lebih mudah karena beberapa hal terkontrol otomatis, seperti pemberian nutrisi serta kebutuhan pencahayaan.

“Selain itu listrik yang digunakan juga lebih hemat karena memanfaatkan panel surya,” ungkapnya.

Pjs. Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Ferdy Saputra mengapresiasi langkah perguruan tinggi dalam menyebarluaskan pemanfaatan panel surya untuk kegiatan produktif di masa pandemi.

“Harapannya ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat. Lahan sempit di wilayah perkotaan bisa disiasati dengan metode ini yang jelas lebih hemat karena mengoptimalkan tenaga surya,” ujarnya.

Kegiatan juga dihadiri CSR & SMEPP Officer Pertamina RU IV Cilacap, Dian Kuswardani beserta tim CSR yang berkesempatan menyaksikan langsung pelatihan pemanfaatan panel surya pada semai tanam hidroponik tersebut.

KWT Sekar Arum yang beralamat di Jalan Anggrek, Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan itu sejak beberapa tahun terakhir menjadi mitra binaan Kilang Pertamina Cilacap.

Selama ini KWT yang dirintis sejak 2001 itu memroduksi jajanan khas Cilacap seperti egg roll, kerupuk tengiri, stik sukun, dan lain-lain.

Selain program pinjaman lunak, KWT Sekar Arum juga ikut dalam kegiatan pelatihan, pameran dan promosi lainnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved