Breaking News:

Virus Corona

Hewan Peliharaan Tertular Covid-19, Ini Gejala dan Cara Menghadapinya

Hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing ternyata bisa saja tertular Covid-19 dari manusia.

Editor: sujarwo
UNSPLASH/ELVIRA VISSER
Ilustrasi kucing(UNSPLASH/ELVIRA VISSER) 

TRIBUNJATENG.COM - Hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing ternyata bisa saja tertular Covid-19 dari manusia. Mereka bisa saja terjangkit karena menjalin kontak erat dengan manusia yang juga menderita Covid-19, termasuk beberapa laporan kasus pada kucing dan anjing peliharaan.

anjing
anjing ()

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktorat Kesehatan Hewan melalui akun Instagramnya, @direktoratkesehatanhewan, yang dilansir pada Jumat (6/8/2021).

“Namun, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa hewan kesayangan dapat menularkan kembali Covid-19 ke manusia atau hwan lainnya,” tulis akun tersebut.

Sama seperti pada manusia, hewan peliharaan juga akan mengalami gejala seperti demam, batuk, kesulitan bernapas, lesu, bersin, pilek, kotoran pada mata, muntah dan diare.

Jika kamu menduga bahwa hewan peliharaan terjangkit virus ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah segera hubungi dokter hewan terdekat untuk konsultasi.

Apabila kamu juga merupakan penderita Covid-19, jangan bawa hewan langsng ke dokter hewan, sebagai gantinya, gunakanlah layanan telemedicine.

“Dokter hewan akan memberikan rekomendasi jenis perawatan yang baik bagi hewan peliharaan,” tulis akun @direktoratkesehatanhewan.

Namun kamu tak perlu cemas berlebihan, berdasarkan data dan informasi yang tersedia sampai saat ini, hewan yang terkena virus penyebab Covid-19 kebanyakan sakitnya bersifat ringan dan dapat sembuh kembali.

Perawatan selanjutnya Tergantung pada gejala, dokter hewan mungkin akan menyarankan supaya hewan peliharaanmu diisolasi di rumah dan tidak dirawat di rumah sakit atau klinik hewan. Jika dokter hewan merekomendasikan agar hewan kesayangan tersebut diisolasi di rumah, kamu bisa merawatnya.

“Dengan tetap memperhatikan dan mengikuti saran tindakan perlindungan diri dan orang lain,” tulisnya lagi.

Jangan bosan untuk terus melakukan konsultasi secara rutin dengan dokter hewan terkait perkembangan kesehatan hewan kesayangan. (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved