Breaking News:

Universitas Amikom Purwokerto

Amikom Purwokerto Libatkan Mahasiswa Tingkatkan Pemasaran Digital UMKM Banyumas

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) menjadi pilar utama dalam perekonomian Indonesia karena terbukti rentan terhadap krisis ekonomi.

Editor: abduh imanulhaq
AMIKOM PURWOKERTO
Perjanjian Kerjasama antara Universitas Amikom Purwokerto dan Aspikmas (Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Banyumas) 

TRIBUNJATENG.COM - Era digital atau era 4.0 merupakan era berkembangnya tren yang memudahkan kehidupan manusia didukung oleh teknologi yang semakin mumpuni.

Era 4.0 ini memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap berbagai sektor di Indonesia. Salah satunya adalah sektor industri dan perekonomian.

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) menjadi pilar utama dalam perekonomian Indonesia karena terbukti rentan terhadap krisis ekonomi.

UMKM saat ini diharapkan mampu dan terus meningkatkan kualitasnya dengan mengikuti perkembangan zaman atau memanfaatkan teknologi yang ada. Pemerintah berharap perkembangan UMKM ini akan semakin pesat nantinya.

Sebagai pelaku UMKM, pemanfaatan digital bisa dilakukan untuk mengetahui tren yang sedang berkembang, mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor dan mencari relasi konsumen seluas-luasnya.

Namun, sebagai pelaku UMKM, untuk mencapai hasil yang maksimal dan mampu meningkatkan perekonomian maka harus memenuhi beberapa syarat seperti :

1. Mengantongi Sertifikasi Halal dari MUI/BPJPH dan lainnya

Logo halal saat ini bukan merupakan hal yang asing bagi masyarakat indonesia bahkan pelaku UMKM. Memiliki sertifikat halal yang terpublish dengan logo halal merupakan salah satu syarat yang cukup penting bagi sebuah produk untuk memasuki dunia pasar, karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama muslim. Selain itu, sertifikat halal juga menjamin kelayakan produk yang akan dikeluarkan UMKM untuk kesehatan dan kelayakan konsumsi bagi konsumen.

2. Menguasai teknik pemasaran marketing

Pemasaran marketing terdiri dari pembuatan konten yang menarik, menguasai marketplace dan menguasai dunia media sosial dan lainnya

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved