Breaking News:

Aktivitas Gunung Merapi

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer Mengarah Barat Adaya Malam Tadi 

Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran satu kali dalam durasi selama enam jam periode pengamatan terkahir, tepatnya pada pukul 00.00-06.00 WIB,

Editor: m nur huda
ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGRO
Suasana Gunung Merapi yang terlihat dari obyek wisata Kali Talang, Balerante, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (19/12/2018). Masyarakat setempat memanfaatkan kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Merapi untuk dijadikan tempat wisata seperti gardu pandang Gunung Merapi untuk meningkatkan potensi wisata lokal yang dapat menjadi sumber pencaharian bagi masyarakat. 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYA - Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran satu kali dalam waktu selama enam jam periode pengamatan terkahir, tepatnya pada pukul 00.00-06.00 WIB, Minggu (15/8/2021).

Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida merinci, luncuran awan panas guguran tersebut terjadi pada pukul 00.43 WIB dan tercatat di seismogram dengan amplitudo 51 mm dan durasi 127 detik.

"Jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya," terang Hanik.

Selain itu, dalam periode pengamatan yang sama, gunung setinggi 2968 mdpl itu juga teramati meluncurkan 10 kali guguran lava pijar ke arah barat barat daya dengan jarak luncur maksimal 1.500 m.

Lebih jauh, hasil amatan meteorologi di Gunung Merapi menunjukkan cuaca cerah dan berawan.

Angin bertiup sedang ke arah barat laut. Suhu udara 11-20 °C, kelembaban udara 68-87 %, dan tekanan udara 838-946 mmHg.

Menimbang hasil pengamatan itu maka status Gunung Merapi saat ini tetap berada di level III atau Siaga.

Adapun potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

"Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali," bebernya.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 2 Km Malam Tadi

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved