Breaking News:

Berita Kesehatan

Ini Manfaat Bayam Duri: Sembuhkan Bronkitis dan Memperbanyak Produksi ASI

Bayam duri (Amaranthus spinosus) merupakan anggota genus Amaranthus yang masuk dalam suku Amaranthaceae.

Editor: galih permadi
budi santoso/BKSDA Jateng
Tanaman Bayam Duri 

TRIBUNJATENG.COM - Bayam duri (Amaranthus spinosus) merupakan anggota genus Amaranthus yang masuk dalam suku Amaranthaceae.

Sebarannya luas di negeri ini, sehingga bayam duri mempunyai banyak nama lokal; yaitu bayam kerui (Lampung); senggang cucuk (Sunda); bayem ri, bayam raja, bayam roda, bayam cikron (Jawa), tarnyak duri, tarnyak lakek (Madura); bayam kikihan, bayam siap, kerug pasih (Bali); kedawa mawau, karawa rap-rap, karawa in asu, karowa kawayo (Minahasa); sinau katinting (Makassar); podo maduri (Bugis); maijanga, ma hohoru (Halmahera Utara); baya (Ternate); loda (Tidore).

Meski tumbuh liar dan dianggap sebagai gulma, bayam duri ternyata banyak khasiatnya.

Manfaat

Bayam duri mempunyai rasa yang hapir sama dengan bayam lainnya. Masyarakat pedesaan biasanya memasaknya sebagai pecel daripada bayam cabut yang dimasak sayur bening.

Menurut beberapa sumber, kandungan pada Bayam Duri terdiri dari Amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfat, zat besi, serta vitamin. Selain enak, bayam duri penuh khasiat,

Ia dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit di antaranya disentri, bisul, keputihan, gangguan pernafasan, bronkitis, serta memperlancar dan memperbanyak produksi ASI merupakan khasiat yang dipercaya masyarakat sampai saat ini.

Meski demikian, secara empiris Bayam duri digunakan untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya eksim, disentri dan diare. Aktivitas antibakteri dari daun bayam duri ini masih belum banyak diteliti. Tanaman ini juga mempunyai sifat dalam meridien jantung dan ginjal.

Menghilangkan panas (antipiretik), peluruh kemih (diuretik), menghilangkan racun (anti-toksin) menghilangkan bengkak, menghentikan diare dan membersihkan darah. Khusus penggemar asam urat sebaiknya dihindarkan, dapat memicu naiknya kadar purin darah.

Morfologi
Berdaun tunggal, dengan bentuk oval/bulat telur dan berwarna kehijauan dengan panjang daun 1,5 - 6,0 cm dan lebar 0,5 - 3,2 cm. Bunga terdapat pada ketiak daun pada batang (axilaris), berwarna hijau dan berkelamin tunggal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved