Berita Tegal

Kaji Tambari Juarai Lomba Ngomong Ngapak Tegalan

Lembaga penyiaran publik lokal (LPPL) Radio Slawi FM sukses menyelenggarakan lomba ngomong ngapak bahasa tegalan. 

Dokumentasi pribadi
Direktur utama Slawi FM Kusnianto (kiri), saat menyerahkan hadiah secara simbolis kepada para pemenang lomba ngomong ngapak bahasa tegalan, berlokasi di kantor Lembaga penyiaran publik lokal Radio Slawi FM, Jumat (27/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Lembaga penyiaran publik lokal (LPPL) Radio Slawi FM sukses menyelenggarakan lomba ngomong ngapak bahasa tegalan. 

Lomba yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-46 Radio Slawi FM dimaksudkan untuk melestarikan, mengembangkan aset budaya dan kearifan lokal khususnya dopok ngomong ngapak atau berbicara dengan bahasa tegal.

Direktur utama Slawi FM Kusnianto mengatakan, mengingat masih dalam suasana PPKM dan pandemi Covid-19 lomba diselenggarakan dengan cara para peserta mengirimkan video rekaman dopok ngomong ngapak tegalan. 

Durasi video maksimal 2 menit dengan ketentuan tema bebas, boleh membahas pariwisata, pendidikan, potensi alam, kearifan lokal, kuliner, budaya, kesenian, dan lain-lain. Intinya bisa menginspirasi dan mengedukasi masyarakat.

"Materi penilaian meliputi penguasaan bahasa tegalan dengan logat dan gaya yang khas tegalan," kata Kusnianto, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (27/8/2021). 

Dijelaskan, pendaftaran lomba dibuka secara online dan video rekaman dikirim melalui pesan whatsapp. 

Sementara untuk jumlah peserta yang berpartisipasi mengirimkan video sebanyak 61 peserta. 

"Menurut saya ini sangat luar biasa, karena meskipun lomba digelar secara virtual namun antusias para peserta sangat baik dan positif. Hal ini terbukti lebih dari 50 peserta mengirimkan hasil karya mereka," jelasnya. 

Setelah penilaian oleh dewan juri selesai, maka terpilih sebagai pemenang yaitu Juara 1 Haji Tambari asal Kota Tegal, kemudian juara 2 ada Uceng Glopot asal Moga Pemalang, dan juara 3 ada Amira Zafira Rahman asal Mejasem Timur Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal

Masing-masing pemenang mendapat hadiah berupa uang pembinaan untuk juara 1 sebesar Rp 400 ribu, juara 2 sebesar Rp 300 ribu, dan juara 3 sebesar Rp 200 ribu sehingga jika ditotal sebanyak Rp 900 ribu. 

Selain mendapat uang pembinaan, para peserta yang terpilih menjadi juara juga mendapat piagam dari Slawi FM.

Sementara itu, Tambari Gustam atau yang lebih dikenal dengan sapaan Kaji Tambari, seusai penyerahan hadiah menyatakan salut kepada management Radio Slawi FM yang selalu melestarikan budaya menjadi kebanggaanne wong Tegal

"Alhamdulillah sangat senang karena bisa mendapat juara pertama. Harapannya semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlangsung, sehingga budaya daerah dalam hal ini ngomong ngapak bahasa tegalan tidak akan hilang termakan perkembangan zaman," ungkapnya. 

Sementara Masruni Yusuf alias Uceng Glopot berharap, agar kegiatan yang berkaitan melestarikan budaya daerah mendapat alokasi dan porsi waktu yang permanen, sehingga seiring kemajuan zaman budaya daerah tidak akan hilang terlupakan. (dta) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved