Breaking News:

Berita Solo

Temui Gibran, Menhub Ingin Bangunkan Rel Layang di Simpang Palang Joglo Solo

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mematangkan rencana pembangunan rel layang atau rel elevasi di persimpangan kereta api sebidang Simpang Pa

Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Kereta Bandara melintas di perlintasan Simpang Palang Joglo Solo 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mematangkan rencana pembangunan rel layang atau rel elevasi di persimpangan kereta api sebidang Simpang Palang Joglo Solo, Jawa Tengah agar segera dilaksanakan.

Budi Karya Sumadi melakukan pembahasan tersebut bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Kami berharap masalah lahan dalam pembangunan Simpang Palang Joglo dengan masyarakat dapat diselesaikan. Dan Pemerintah Daerah dapat membantu sosialisasi, karena pembangunan tersebut melibatkan berbagai pihak, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan lahan milik PT KAI," sebut Menhub dikutip dalam siaran persnya Sabtu (28/8/2021).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan pertemuan membahas rencana pembangunan rel layang atau rel elevasi di persimpangan kereta api sebidang Simpang Palang Joglo Solo, Jawa Tengah.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan pertemuan membahas rencana pembangunan rel layang atau rel elevasi di persimpangan kereta api sebidang Simpang Palang Joglo Solo, Jawa Tengah. (BKIP KEMENHUB)

Lebih lanjut, Menhub mengatakan jika elevated Simpang Joglo telah terselesaikan, maka headway kereta api yang saat ini setiap 30 menit sekali bisa dipangkas menjadi 5-7 menit sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pembangunan jalur kereta api elevated dan jalan nasional underpass membuat persimpangan berkurang dari 16 pertemuan dipangkas menjadi 7 pertemuan.

"Ini adalah persiapan bahwa angkutan kereta api itu keniscayaan angkutan masal perkotaan," ujar Menhub.

Sementara itu, Walikota Gibran mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyelesaian masalah non teknis seperti pembebasan lahan di Simpang Joglo dan diharapkan pembangunan dapat selesai pada tahun 2023.

"Selain itu juga untuk percepatan pemulihan ekonomi. Lalu lintas antarkota Solo bisa terkoneksi, diperlancar lagi. Ini jadi salah satu ikhtiar kami untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Solo. Insyaallah (proyek) bisa selesai tahun 2023. Ini luar biasa sekali," kata Gibran.

Pada kesempatan itu Menhub Budi Karya Sumadi dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka juga meninjau progres revitalisasi Terminal Tipe A Tirtonadi.

Menhub mengatakan, revitalisasi atau pembangunan Terminal Tipe A Tirtonadi akan selesai pada September 2021 mendatang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved