Breaking News:

Berita UMKM

Kemenkop-UKM dan Grup Accor Kolaborasi Serap Produk UMKM di Jateng-DIY

Kemenkop-UKM bersama perusahaan grup perhotelan Accor berkolaborasi menyerap produk UMKM di Jateng-DIY.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: Catur waskito Edy
Grup Perhotelan Accor
Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) bersama perusahaan grup perhotelan Accor melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara The Phoenix Hotel Yogyakarta-MGallery dengan UMKM Rumah Keju Jogja dan Coklat nDalem di The Phoenix Hotel Yogyakarta-MGallery, Jumat (27/8). 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA - Kemenkop-UKM bersama perusahaan grup perhotelan Accor berkolaborasi menyerap produk UMKM di Jateng-DIY.

Komitmen kedua pihak diwujudkan dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara The Phoenix Hotel Yogyakarta-MGallery dengan UMKM Rumah Keju Jogja dan Coklat nDalem, yang merupakan hasil kurasi bersama antara Smesco Indonesia dan grup Accor.

Penandatanganan PKS disaksikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di The Phoenix Hotel Yogyakarta-MGallery, Jumat (27/8).

Program itu merupakan kelanjutan dari penandatanganan Nota Kesepahaman antara grup Accor dengan Smesco Indonesia, tentang Pembentukan Kerja Sama dalam Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk mendukung Pemulihan Ekonomi pada Bidang Jasa Perhotelan pada 3 April 2021 lalu.

Dalam hal ini, UMKM ditantang untuk mencari solusi bersama yang dibutuhkan hotel. Hal itu diakui Menteri Teten menjadi berkah di tengah pandemi covid-19. Menurut dia, upaya perbaikan rantai pasok terus dilakukan, mulai dari produk kuliner, fesyen, hingga groceries.

Ia berharap, kerja sama jaringan Accor dengan UMKM tidak berhenti hanya di Hotel Phoenix, tetapi dapat diduplikasi ke jaringan grup Accor lain, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di jaringan internasional.

"Kerja sama ini merupakan suatu proses mendorong produk UMKM naik kelas, sekaligus untuk mem-branding produk UMKM, dan membuktikan bahwa kualitas produk UMKM mampu bersaing dengan brand besar," kata Teten, dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jateng, kemarin.

Adapun, Chief Executive Officer Accor Southeast Asia, Japan, South Korea, Garth Simmons menyatakan, merasa terhormat dapat berkontribusi pada program pemerintah melalui Kemenkop-UKM terhadap perkembangan UMKM Indonesia dan keberhasilan gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Menurut dia, berbagai kemitraan dengan UMKM lokal dan hotel Accor yang tersebar di seluruh Indonesia dilakukan, termasuk menampilkan produk mereka di area hotel, konsinyasi, penggunaan produk dalam operasional hotel, serta penyerapan produk yang selaras dengan program promosi dan pemasaran brand.

“Kemitraan ini akan terus kami kembangkan, termasuk kerja sama dengan Kemenkop-UKM dan Smesco Indonesia,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ibis Semarang Simpang Lima memaparkan kemitraannya dengan koperasi peternak unggas, produsen roti, dan pemasok kopi lokal di Jateng. Selain itu, menata coffee corner hotel, satu area favorit para tamu, dengan kopi lokal di Jateng. (idy)

Baca juga: Jonathan Frizzy Dilaporkan Istri Terkait KDRT, Benny Simanjuntak Siap Bantu

Baca juga: IHSG Meningkat Tipis dalam Sepekan Lalu, Benarkah Sentimen dari AS bakal Memberatkan?

Baca juga: Misteri Jenazah Gadis Bertato Bunga yang Mengambang di Sungai Terungkap, Pelaku Marah Karena Ini

Baca juga: HEBOH! Penemuan Bunga Sesajen Berusia 2.000 Tahun? Ini Kapa Peneliti

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved