Breaking News:

OPINI

OPINI : Melihat Potensi Hiperendemi setelah Era Pandemi Covid-19

FENOMENA pandemi Covid-19 menjadi suatu ‘permodelan’ yang tepat untuk memahami apa yang dimaksud pandemi dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan

Istimewa
Ilustrasi penanganan pasien covid-19 di salah satu rumah sakit di Kabupaten Tegal. 

Oleh Apt. Riza Maulana, SFarm, M.Pharm.Sci.

Peneliti di Unimus

FENOMENA pandemi Covid-19 menjadi suatu ‘permodelan’ yang tepat untuk memahami apa yang dimaksud pandemi dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan dalam skala global.

Pandemi ini mengajarkan berbagai hal baru, seperti gaya hidup new normal hingga istilah-istilah baru lainnya. Sejak kemunculan Covid-19 di tahun 2020, publik telah disuguhi berbagai bahasa baru untuk mengetahui informasi mengenai virus Covid-19 dan juga respon lembaga kesehatan dunia dalam menghadapi virus tersebut.

Jika kita melihat ke belakang, penetapan status pandemi Covid-19 oleh WHO telah dilakukan sejak bulan Maret 2020 yang mana artinya sudah kurang lebih 18 bulan hingga saat ini kita hidup di dalam situasi pandemi. Para ilmuwan memprediksi ke depannya status pandemi akan berubah menjadi endemi.

Namun, menurut Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra, Indonesia berpotensi menjadi hiperendemi. Ada beberapa hal yang menyebabkan potensi tersebut, semisal laju penularan dan angka kasus yang tinggi, testing dan tracing yang belum memadai, perilaku masyarakat yang belum disiplin, hingga jumlah SDM yang masih terbatas di daerah-daerah di Indonesia.

Lalu apakah hiperendemi itu? Bagaimana perbedaannya dengan pandemi?

Tingkat penyebaran

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pandemi adalah penyebaran penyakit yang tidak terkontrol dan telah melampaui batas antarnegara maupun antarbenua yang memiliki dampak pada manusia secara global.

Sedangkan endemi merujuk pada kondisi keterjadian kasus penyakit yang terjadi secara terus-menerus pada suatu populasi di daerah geografis tertentu. Lalu, yang disebut hiperendemi adalah keterjadian kasus suatu penyakit dalam jumlah yang tinggi dalam populasi dan bersifat persisten.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved