Breaking News:

Berita Batang

8 Desa di Batang Masih Jadi Langganan Banjir: Jangan Buang Sampah Sembarangan

Delapan Desa / Kelurahan di wilayah Kecamatan Batang menjadi daerah langganan banjir saat musim penghujan tiba.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Dina Indriani
Camat Batang Siti Ghoniah saat diwawancara, Selasa (14/9/2021) 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Delapan Desa / Kelurahan di wilayah Kecamatan Batang menjadi daerah langganan banjir saat musim penghujan tiba.

Puncak musim hujan yang menjadi rutinitas  banjir biasanya terjadi di bulan Desember dan Januari.

Adapun delapan desa / kelurahan tersebut diantaranya desa Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulon, Karanganyar, Denasri Kulon, Denasri Wetan dan keluarahan Watesalit.

Banjir yang terjadi di daerah tersebut biasanya, karena  intensitas hujan yang tinggi dan saluran Sungai Gabus yang melintasi desa tersebut menyempit dan sedimentasi yang cukup parah.  

Camat Batang Siti Ghoniah mengatakan untuk desa Klidang Wetan dan Klidang Lor karena selain saluran sungai menyempit, dan dua desa tersebut masuk wilayah utara yang dekat dengan pantai. 

Sehingga untuk mengurangi dampak dan mencegah banjir yang parah, Siti Ghoniah mengimbau masyarakat untuk jangan membuang sampah di sembarang tempat.

"Saya mengimbau masayarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena sampah menyumbat saluran sungai yang mengakibatkan banjir bertambah parah," tuturnya, Selasa (14/9/2021). 

Dikatakannya, berbagai sosialisasi juga sudah dilakukan untuk mengurangi resiko bancana banjir, seperti buang sampah pada tempatnya, budayakan hidup bersih dan kerja bhakti. 

"Dengan adanya padat karya normalisasi sungai dari Dinas tenaga kerja dan pasukan got dari DLH sangat membantu mengurangi banjir di Kecamatan Batang," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved