Breaking News:

Berita Batang

Hadapi Musim Hujan, Pemkab Batang Antisipasi Banjir Tahunan 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Jawa Tengah secara umum memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2021.

Penulis: dina indriani | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Bupati Batang Wihaji bersama Kapolres Batang AKBP Abdul Waras dan Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu meninjau lokasi yang terendam banjir di wilayah Batang Kota, Senin (24/2/2020). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Jawa Tengah secara umum memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2021.

Pemerintah Kabupaten Batang telah bersiap menghadapi musim hujan, dengan mengupayakan antisipasi banjir.

Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersinergi dalam melakukan pembenahan untuk mencegah banjir.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang untuk bersinergi bersama untuk antisipasi banjir,” tutur Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi, Kamis (16/9/2021).

Ulul menjelaskan saat ini DPUPR sedang melakukan normalisasi eks sungai Sambong dengan panjang 800 meter agat aliran sungai semakin lancar.

Sedangkan, DLH Batang telah mengetahkan pasukan got untuk membersihkan saluran-saluran air dari penyumbatan sampah.

"Dari BPBD, kami sudah siapkan peralatan tanggap bencana juga personel yang standby," ujarnya.

Sementara untuk wilayah Batang Kota, lanjut dia diperkirakan terdapat 13 desa / kelurahann yang menjadi langganan banjir di antaranya Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulon, Karanganyar, Denasri Wetan, Denasri Kulon, Watesalit, Klidang Wetan, Klidang Lor, Proyonanggan Tengah, Karangasem Utara, Kalisalak, dan Kauman.

"Karena ini akan memasuki musim hujan, untuk masyarakat persiapkan tas bencana yang berisi peralatan dan kebutuhan pada waktu bencana, juga jangan membuang sampah di sungai maupun saluran air," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved