Breaking News:

PON XX Papua 2021

TPNPB OPM Terbitkan Maklumat Ke Seluruh KKB Jelang PON XX Papua 2021, Komnas HAM: Kami Apresiasi

TPNPB Organisasi Papua Merdeka (OPM) mengeluarkan maklumat terkait PON XX Papua 2021 yang wajib dipatuhi semua kelompok KKB Papua.

Editor: m nur huda
Istimewa/Tribun Papua
Maklumat TPNPB-OPM Terkait PON XX yang wajib dipatuhi semua KKB Papua. 

TRIBUNJATENG.COM, PAPUA - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) mengeluarkan maklumat terkait PON XX Papua 2021 yang wajib dipatuhi semua kelompok KKB Papua.

Diketahui, OPM mengeluarkan maklumat Rimba Raya tertanggal 7 September 2021 terkait Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung Oktober mendatang.

Maklumat tersebut berisi perintah dan pernyataan agar KKB Papua tidak melakukan gangguan keamanan seperti penembakan selama acara tersebut berlangsung.

Dalam maklumat, Panglima OPM Amos Sorondanja meminta seluruh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) untuk tidak mengacaukan keamanan selama PON XX Papua.

Seperti dilansir dari Tribun-Papua.com dalam artikel 'OPM Nyatakan Tak Ganggu Keamanan PON XX di Papua, Komnas HAM Beri Apresiasi'

Amos menyerukan maklumat tersebut dilaksanakan dan dipatuhi seluruh tentara OPM.

Menyikapi hal itu, Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua dan Papua Barat, Frits Ramandey memberikan apresiasi atas seruan TPNPB-OPM.

“Komnas HAM memberikan apresiasi Hak asasi kepada TPNPB-OPM yang mengeluarkan seruan itu,” kata Frits lewat telewicara kepada Tribun-Papua.com, Selasa (14/9/2021) sore.

Frits menilai seruan dalam maklumat itu sebagai bukti bahwa OPM memiliki tangungjawab memberikan hak rasa aman bagi tamu yang datang dari luar Papua.

“Saya memandang seruan ini sebagai tangungjawab dan pertisipasi  pimpinan kelompok sipil bersenjata untuk memberikan pesan perdamaian, tapi juga menertibkan seluruh jajarannya,” ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved