Breaking News:

Agrobisnis Pertanian

Melon Kinanti Bikin Kaya Raya Para Petani di Gunungkidul

Sekarang para petani Muda di Gunung Kidul sudah berhasil merubah tanah tersebut menjadi lebih produktif.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Wasto Gotek bersama para petani muda Gunungkidul dengan bangga menunjukkan hasil Melon Kinanti. 

TRIBUNJATENG.COM, GUNUNGKIDUL- Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terkenal dengan destinasi wisatanya yang menarik dan terkenal.

Namun, sejak dulu Gunungkidul juga dikenal memiliki tanah yang tandus dan hanya bisa ditanami tanaman kacang, singkong, dan jagung, itu pun pada musim-musim tertentu.

Sekarang para petani muda di Gunungkidul sudah berhasil mengubah tanah tersebut menjadi lebih produktif dengan menanam tanaman yang mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi dengan berkolaborasi perusahaan benih nasional terkenal di Indonesia yaitu PT Tunas Agro Persada.

Mereka berhasil membudidayakan tanaman melon eksklusif yaitu Melon Kinanti, Melon Kinasih, dan Melon Kirani yang bisa menembus pasar modern sehingga bisa meningkatkan taraf hidup ekonomi para petani setempat.

Tanaman melon kinanti yg cocok di tanam di gunung kidul
Tanaman melon kinanti yang cocok ditanam di Gunungkidul. (IST)

Para petani Gunungkidul sebelumnya sebagian besar menanam kacang tanah dengan penghasilan setiap 1.000 m persegi mendapat keuntungan hanya 2 juta rupiah.

Setelah beralih ke tanaman melon dari PT Tunas Agro Persada, mereka meraup untung sebesar 22,5 juta rupiah per 1.000 meter atau 225 juta per hektare.

Buah tersebut sangat disukai konsumen di seluruh Indonesia,  salah satunya Melon Kinanti.

Melon ini memiliki keunikan buahnya yang berwarna kuning dan daging buah berwarna oranye dengan rasa yang manis serta memiliki tekstur yang krispi.

Proses pemanenan untuk selanjutnya dilakukan grading di gudang prosesing dan akhirnya di kirim ke pasar modern
Proses pemanenan untuk selanjutnya dilakukan grading di gudang processing dan akhirnya dikirim ke pasar modern (IST)

Harapan dari para petani agar kolaborasi dengan PT Tunas Agro Persada ini bisa tetap berlanjut dan Kabupaten Gunungkidul menjadi sentral pertanian yang bisa meningkatkan perekonomian, khususnya di bidang pertanian. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved