Breaking News:

Berita Viral

Gray Jadi Mahasiswa Umur 58 Tahun, Video Viral di TikTok: Pengen Lulus Sarjana Usia 61 Tahun

Seorang mahasiswa viral di TikTok karena usianya yang sudah paruh baya dan ingin lulus sarjana usia 61 tahun.

Komunitas Sevima
Tangkapan layar Gray Zain (kamar kiri) saat talkshow yang diadakan Komunitas Sevima. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Video yang menampilkan pria paruh baya mengikuti acara pengenalan kampus sempat viral di jagat maya Tiktok.

Sosok tersebut yakni Gray Zain pengusaha jasa biro travel yang merupakan Ketua Penasihat Indonesia Tour Leaders Association (Asosiasi Biro Wisata Indonesia).

Ia merupakan mahasiswa baru S1 Komunikasi Pemasaran di Universitas Esa Unggul.

Usianya tak lagi muda, yakni 58 tahun.

Dibandingkan mahasiswa S1 lainnya, usianya bisa dibilang sangat jauh.

Long life education, konsep yang diperkenalkan seorang filsuf dan pendidik Amerika yang terkenal, John Dewey, tampaknya diterapkan Gray Zain.

Hanya saja, John Dewey lebih menekankan bahwa seseorang belajar tidak hanya di lembaga pendidikan formal (sekolah), tetapi juga di luar pendidikan formal (masyarakat dan kehidupan sehari-hari maupun pengalaman).

"Saya dulu sebetulnya sudah proses untuk berkuliah di Sastra Jepang. Tapi karena memang kondisi pada saat itu, ayah saya meninggal, dan adik saya tiga masih perlu sekolah. Saya sebagai anak pertama yang lulus SMK jurusan pariwisata, akhirnya harus bekerja dulu. Bahkan saya tidak bisa datang wisuda SMK saya karena harus cari uang untuk hidup keluarga," kata Gray dalam talkshow virtual Komunitas Sevima, Selasa (21/09/2021).

Saat ini, ia bersyukur sudah mendapatkan berkah yang luar biasa dalam hidup: pekerjaan yang mapan, adik yang sudah sukses dan berkeluarga, bahkan ketiga anaknya sudah besar dan cukup sukses.

Anak ketiga Gray saat ini masih duduk di kelas tiga SMA dan akan mengenyam bangku kuliah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved