Breaking News:

Berita Batang

Banyak Masyarakat Batang Tak Lakukan Vaksin Dosis Dua

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, capaian vaksinasi Covid-19 sudah menyentuh angka 23.67 persen atau 235.043 suntikan.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo
TRIBUNJATENG/DINA INDRIANI
Ilustrasi. Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka, Bupati Batang Wihaji dan Forkopimda saat meninjau vaksinasi di Gor Sarengat, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, capaian vaksinasi Covid-19 sudah menyentuh angka 23.67 persen atau 235.043 suntikan secara total.

Dari data tersebut sekitar 147.266 suntikan dosis pertama, 86.327 suntikan dosis kedua dan 1.450 suntikan dosis ketiga. 

Jika didata secara seksama masih ada ketimpangan jumlah antara pemberian dosis satu dan dosis dua.

Plt Kepala Dinkes Batang, dr Didiet Wisnuhardanto mengakui bahwa memang masih banyak masyarakat yang hanya mengikuti vaksinasi pertama dan tidak datang saat vaksinasi kedua. 

"Dari data tersebut beberapa diantaranya memang belum dijadwalkan untuk dosis kedua, tapi memang banyak diantara mereka juga yang sudah dijadwalkan tetapi hingga sekarang belum datang untuk memenuhi dosis dua," tuturnya, Kamis (23/9/2021).

Didiet menjelaskan, vaksinasi Covid-19 harus dilakukan dua kali dosis dengan vaksin yang sama. 

"Jika hanya dengan satu kali suntikan vaksinasi Covid-19, jumlah antibodi dalam tubuh tidak terbentuk secara optimal, hal ini karena suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal dan dilanjutkan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk," jelasnya.

Dia pun berharap masyarakat lebih memperhatikan pentingnya vaksin dua dosis dan bisa segera melanjutkan vaksin kedua.

"Kami berharap masyarakat yang sudah dijadwalkan untuk dosis kedua untuk menghubungi puskesmas terdekat sehingga bisa segera mendapatkan dosis kedua, agar hasilnya lebih maksimal," pungkasnya. (din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved